Ratusan Mahasiswa Bandung Terinfeksi HIV, Waspada! Gejala Awal Mirip Flu

JAKARTA – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung mencatat ada 12.358 pengidap HIV/AIDS yang melakukan pelayanan kesehatan di Kota Bandung.

Dari data tersebut tercatat total 12.358 warga terinfeksi HIV, 5.943 di antaranya adalah penduduk Kota Bandung.

Sebanyak 6,97 persen diantaranya atau sekitar 414 berstatus mahasiswa Bandung dinyatakan positif HIV. Ini berdasarkan data 2021 dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung.

“Paling banyak itu usia 20-29 tahun, persentasenya 44,84 persen, usia produktif banget,” kata Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi via sambungan telepon, dikutip dari detikJabar, Selasa (23/8).

Dikutip dari laman Healthline, pasien dengan gejala atau tanda-tanda awal HIV dikenal sebagai sindrom retroviral akut. Biasanya, gejala yang muncul mirip seperti saat seseorang terkena flu.

BACA JUGA : Gara-gara Suami yang ‘Sering Jajan’, 664 IRT di Kota Bandung Positif HIV

Gejala awal HIV umumnya akan berkembang dalam 2 sampai 4 minggu setelah penularan. Tetapi, beberapa orang mungkin tidak akan merasakan gejala awal setelah mereka tertular virus tersebut.

Gejala penyakit ini akan hilang dalam waktu yang cukup lama, sekitar 10 hingga 15 tahun. Tetapi, ini bukan berarti virusnya sudah hilang, sebab HIV termasuk kondisi kesehatan yang harus mendapat perawatan dengan baik.

Dikutip dari Detikhealth, gejala awal HIV yang kerap muncul, yakni:

Sakit kepala
Demam
Kelelahan atau kelelahan
Nyeri sendi
Kehilangan selera makan
Pembengkakan kelenjar getah bening
Sakit tenggorokan
Ruam
Nyeri otot dan sendi
Sariawan di mulut
Borok pada alat kelamin
Keringat malam
Diare
Rasa tidak enak badan
Nyeri otot
Mual

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan