Irfan Suryanagara: DPRD Jabar Apreasiasi Hubungan Gubenur Jateng dan Dewan

JATENG – DPRD Jabar  melakukan kujungan ke DPRD Jateng dalam rangka untuk menyamakan persepsi yang berkaitan dengan agenda kegiatan dewan.

Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua Badan Musyawarah DPRD Jabar Irfan Suyanegara itu untuk menanyakan secara langsung mengenai mekanisme yang ada di DPRD Jateng.

Menurut Irfan salah satu yang menarik adalah, koordinasi yang dinamis antara Pemprov Jateng dangan DPRD Jateng terjalin sangat harmonis.

‘’Ini saya sangat mengapresiasi sinergitas antara DPRD Jateng dengan Pemprov Jateng,’’ kata Irfan dalam keterangannya, Kamis, (25/8).

Banmus DPRD Jabar dalam kunjungan kerjanya itu menanyakan mengenai penyusunan rencana kerja anggota dewan, penetapan sidang.

Selain itu, Banmus DPRD Jabar juga ingin mengetahui penetapan jangka waktu dalam pembahasan Raperda menjadi Perda.

Menurutnya, Banmus DPRD Jateng sering memalakukan rapat kordinasi untuk merencanakan kegiatan untuk menentukan agenda kegiatan.

‘’Rapat ini dilakukan milinimal satu bulan sekali,’’ ujar Irfan Suryanegara.

Selain itu, koordinasi dengan eksekutif berjalan dengan baik dan harmonis. Namun tidak melupakan fungsi sebagai Lembaga dewa yang memiliki peran pengawasan pada program-program kerja.

Setelah melakukan dengar pendapat tersebut, Irfan menuturkan, hasil kunjungan kerja ini akan dikoordinasikan kepada pimpinan dewa dan Sekretaris Dewan (Sekwan).

Untuk melakukan rencana kegiatan dan agenda dewan nanti bisa saja sistemnya satu bulan sekali dilakukan pembahasan.

‘’Namun, jika menyangkut hal-hal pentiong dan mendesak cukup level pimpinan saja,’’ujar dia.

Irfan yang saat ini berada di Komisi III ini menyikapi mengenai koordinasi dan komunikasi yang dilakukan jajaran sekwan untuk menentukan program kerja.

Menurutnya, koodinasi dan komunikasi di DPRD Jateng sudah tersistem dengan baik. Sehingga perencanaan yang telah dibuat dapat dilakuksanakan dengan baik.

Kondisi ini, tidak lepas dari peran Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang selalu menjalin komunikasi bersama amggota dewan dalam menentukan sebuah kebijakan.

Untuk itu, setelah kunjungan ini, apa yang didapatkan di Jateng akan diadopsi dan implementasikan di Jabar.

“Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.Dimana sangat rapi, sangat komunikatif antara pemerintah dengan DPRD nya, dan saya sangat mengepresiasi itu,” pungkas politisi Partai Demokrat itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan