Lirik dan Arti Sholawat Syifa, Diyakini Sebagai Penyembuh dan Penenang Hati

JABAREKSPRES.COM – Membaca sholawat ternyata memiliki banyak keutamaan. Menurut Ulama besar yang kini telah berpulang, Syekh Ali Jaber, mengungkapkan, manusia tidak boleh meninggalkan dzikir dan memperbanyak sholawat, salah satunya sholawat Syifa.

“Jadi saya mohon, sepanjang hari di dalam perjalanan, dimanapun kita berada, bersholawatlah kepada Nabi Muhammad SAW.” ucapnya dalam salah satu tayangan di TV.

Sholawat Syifa merupakan salah satu sholawat yang memiliki keutamaan lebih dibanding sholawat yang lain. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa Syifa berarti penyembuh.

Bukan berarti seseorang yang sakit akan langsung sembuh bila mendengar atau membaca Sholawat ini. Tetapi, dengan melantunkannya, seseorang akan menjadi lebih tenang. Dengan ketenangan maka kita bisa berdoa lebih khusyuk untuk meminta kesembuhan pada Allah, dan tentu saja tetap dengan ikhtiar.

Sholawat Syifa sering juga disebut sebagai Tibbil Qulub.

Berikut ini bacaan atau Lirik dan Arti Sholawat Syifa Tibbil Qulub selengkapnya:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا (Allahumma Sholli ‘ala sayyidinaa)

مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا (Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa)

وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا (Wa ‘afiyatil abdaani wa syifaa ihaa)

وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا (Wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa)

وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم (Wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim)

Artinya:

“Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Dalil perintah membaca sholawat dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56 berikut:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Arti: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan