LLDIKTI IV Jabar-Banten Dorong Semua Kampus PTM 100 Persen

Editor:

BANDUNG – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen tak lama lagi bisa kembali dijalani para mahasiswa seiring kasus pandemi Covid-19 yang kian melandai. Terlebih, PTM merupakan aspek penting bagi mahasiswa, khususnya dalam membangun interaksi sosial.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jabar-Banten, M. Samsuri dalam acara Koordinasi Implementasi MBKM melalui Gebyar LLDIKTI IV di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV, Jatinangor, Sumedang, Selasa (16/8).

Dikatakan Samsuri, penerapan PTM 100 persen tetap akan mengacu kondisi pandemi Covid-19 di masing-masing daerah. Artinya, PTM 100 persen hanya akan diterapkan di daerah yang masuk kategori zona 1.

Sehingga, LLDIKTI Wilayah IV akan tetap mengikuti aturan pemerintah pusat, termasuk dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dalam mengimplementasikan PTM 100 persen di tahun ajaran baru 2022/2023.

“Untuk di wilayah Bandung kan rata-rata sudah di zona satu. Begitu sudah zona satu kita sudah masuk PTM 100 persen,” ujar Samsuri di sela acara.

Bukan tanpa alasan, PTM 100% penting diterapkan agar para mahasiswa tidak kehilangan social interaction. Sebab selama menjalani pembelajaran daring, kata Samsuri, mahasiswa sulit mendapatkan hal tersebut.

“Mungkin kalau hanya sekadar pengetahuan dengan daring cukup, tetapi interaksi sosial (tidak). Kemudian karakter itu akan muncul dan tumbuh ketika terjadi PTM,” kata dia.

Guna meyakinkan perguruan tinggi (PT) jika PTM 100% sudah dapat dijalankan, LLDIKTI Wilayah IV menggelar acara Gebyar LLDIKTI 4. Acara tersebut kembali digelar setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

“Kita melakukan gebyar sudah bisa dan insyaallah sehat, sehingga tidak ada alasan lagi semester depan (tidak) dilakukan tatap muka, tetapi dalam momen tertentu silakan menggunakan daring,” tutur Samsuri.

Melalui kegiatan tersebut, LLDIKTI Wilayah IV ingin membangun iklim kolaborasi khususnya bagi PT swasta di Jabar dan Banten. Dengan kolaborasi, kata Samsuri, nantinya masing-masing PT bisa saling berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.