Petani di Bogor Kibarkan Bendera ‘Merah-Putih’ di Kolam Lele

JabarEkspres.com, BOGOR – Dalam merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), semangat juang serta rasa nasionalisme para petani di Bogor patut diacungi jempol.

Para petani yang terpumpun di kelompok tani Kampung Ramah Lingkungan Mutiara Bogor Raya (MBR) tersebut dengan antusias menggelar upacara pengibaran bendera Merah-Putih.

Lokasi yang dipilih pun unik, prosesi pengibaran serta penghormatan kepada bendera Merah Putih dilaksanakan di kolam lele, tepatnya pada area budidaya lele kawasan MBR, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Rabu, 17 Agustus 2022.

Penghormatan bendera dipimpin Bandung Sahari yang kemudian diikuti sikap hormat seluruh petani.

Selepas upacara, mereka mengarak bendera keliling kebun dengan menyanyikan lagu kebangsaan, seperti 17 Agustus 1945.

Selain itu, para petani yang tergabung dalam kelompok wanita tani melanjutkan rangkaian kegiatan dengan memetik buncis yang juga berada di area tersebut, karena telah menginjak waktu panen.

Ketua Kampung Ramah Lingkungan MBR Bandung Sahari mengungkapkan, rasa bahagianya sekaligus bangga yang telah merayakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ditengah hamparan kolam lele, kebun sayur, peternakan puyuh dan juga Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Kegiatan itu, sambung dia, merupakan sebuah bentuk pembuktian rasa nasionalisme para petani yang diwujudkan melalui sinergitas membangun negara ini.

Ia menambahkan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan selama satu bulan.

Sebelumnya, ada berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dan bukan hanya diikuti pengurus, petani, juga oleh operator TPST serta warga.

“Kami ajak serta mereka dalam perayaan satu bulan ini, salah satunya kami bawa berwisata ke pantai untuk lebih menyatukan keakraban atau persatuan di antara kami dengan diisi dengan berbagai perlombaan,” katanya, Rabu, 17 Agustus 2022.

“Dan hari ini adalah puncaknya, lebih dari 15 orang mulai dari pagi kami secara khidmat melakukan upacara bendera merah putih dan ada beberapa kegiatan yang lain, di antaranya panen sayuran, diskusi dan sebagainya,” imbuhnya.

Dia berharap kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kampung Ramah Lingkungan dengan upaya sederhana ini dapat memupuk rasa kepedulian terhadap bangsa dan negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan