Pasukan Batalyon Infanteri 315/Garuda Suryakencana Bogor Sambangi Makam Komandan Pertama di Cirebon

BOGOR – Pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Suryakencana Bogor menyambangi makam Kolonel Inf Machmud Datuk Pasha di TPU Pronggol, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Disana mereka melakukan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Komandan Yonif (Danyonif) 315/Garuda Suryakencana Bogor, Mayor Inf Kunto Wibisono.

Kegiatan ziarah yang terlaksana pada Senin, (15/08) tersebut sebagai momentum HUT ke-73 Yonif 315/Garuda dan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI).

Mayor Inf Kunto Wibisono mengaku, rangkaian kegiatan ziarah yang dilakukan keluarga besar Yonif 315/Garuda rutin digelar tiap tahunnya, datang ke Cirebon dalam menyambut HUT ke-73 Yonif 315/Garuda.

“Tujuannya adalah agar semua anggota Yonif 315/Garuda sebagai prajurit muda yang mengemban tugas, amanah, berada di kesatuan ini, tidak melupakan sejarah terhadap leluhur-leluhur,” katanya kepada wartawan Selasa, 16 Agustus 2022.

Danyonif 315/Garuda menyebut, kunjungan kesana bukan tanpa sebab, melainkan suatu bentuk penghormatan tertinggi terhadap jasa-jasa pendahulu terlebih para pendiri.

“Terutama leluhur seperti almarhum Kolonel Inf Machmud Datuk Pasha. Selanjutnya usai berziarah ke pendiri kami ini, juga biasa dilanjutkan melakukan ziarah ke Makam Sunan Gunungjati,” ungkapnya.

Pasukan Batalyon Infanteri 315/Garuda Suryakencana Bogor Sambangi Makam Komandan Pertama di Cirebon

Sementara itu, H Andy Machyadi Pasha yang merupakan anak ke-3 dari delapan bersaudara mendiang Kolonel Inf Machfud Datuk Pasha bercerita.

Ayahnya pensiun pada tahun 1978 dan meninggal dunia pada tahun 1988. Kemudian dimakamkan di TPU Proggol tersebut, disamping almarhumah istrinya, Hj. Siti Hadijah.

“Ayahanda Machfud Datuk Pasha, merupakan salah satu pendiri dan Komandan Pertama Batalyon Yonif 315/Garuda Suryakencana Bogor pada 20 Agustus 1949,” jelasnya.

Pihaknya menyampaikan rasa bangga sekaligus haru atas kedatangan pasukan Batalyon Yonif 315/Garuda Suryakencana Bogor yang menyempatkan waktunya untuk bersilaturahmi dan mendoakan keluarga.

“Kami mewakili keluarga besar almarhum ayahanda, mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan keluarga besar Batalyon Yonif 315/Garuda Suryakencana Bogor, menziarahi makam ayahanda, semoga Allah SWT yang membalas semua kebaikan dan pahala yang setimpal,” tandasnya.*(YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan