KPU Jabar Sosialisasikan Keputusan KPU Nomor 259 Tahun 2022, Endud Abdul Haq: Kesepahaman Persepsi Memperlancar Teknis Verifikasi Parpol

JabarEkspres.com, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyelenggarakan rapat koordinasi dan sosialisasi Keputusan KPU Nomor 259 Tahun 2022 bersama partai politik calon peserta pemilu 2024.

Divisi Teknis Penyelenggara Pemilihan KPU Jabar, Endun Abdul Haq, mengatakan rapat koordinasi ini dilakukan untuk mendestiminasi keputusan KPU dengan pedoman teknis tatacara administrasi faktual untuk partai politik.

Ia menyampaikan, pada rapat koordinasi ini diikuti oleh hampir 25 partai politik di Jabar yang dinyatakan lolos dalam pendaftaran ke KPU RI. Seperti: partai politik parlemen, eks pemilu 2019 dan partai politik baru.

“Nantinya agar ada kesepahaman dan kesiapan. Mereka itu kan pengurus wilayah yang tentu membawahi pengurus kab/kota di Jabar,” ucap Endun saat ditemui usai rapat koordinasi, Senin, 15 Agustus 2022.

Endun menjelaskan, sosialisasi ini pun sebagai upaya untuk para pengurus partai politik memahami proses verifikasi faktual keanggotaan. Yang akan berlangsung pada tanggal 16 sampai 29 Agustus di KPU kota/kab.

“Ada kesamaan juga mereka memahami untuk verifikasi faktual keanggotaan. Jadi saya kira respon para parpol pun cukup baik. Mengikuti dengan cermat,” jelasnya.

“Saya kira kesamaan persepsi teknis ini akan memperlancar tugas KPU kab/kota yang akan melakukan verifikasi,” tambahnya.

Perlu diketahui, lanjut dia, verifikasi faktual keanggotaan ini nantinya KPU kab/kota akan menerima data base yang sudah di input oleh parpol. Ia menyebutkan, perparpol dikali 1000 keanggotaan.

“Yang sudah lengkap 24 parpol. Andai 24 kali 1.000 anggota,  berarti sudah 24 ribu data base keanggotaan. Maka ini harus dan akan diverifikasi oleh KPU kab/kota,” katanya.

Selama proses verifikasi administrasi ini, lanjut dia, tentu juga berkaitan dengan kegandaan. Kendati demikian, harus dikomunikasikan dengan parpol.

“Saya kira perlu sinergi dan kerjasama parpol dengan KPU kab/kota agar bisa seirama melakukan tahapan verifikasi administrasi,” cetusnya.

Terakhir, mengenai kesiapan KPU dalam menyelenggaran Pemilu serentak 2024. Dirinya dengan optimis mengatakan siap. Pasalnya, beberapa hari telah melakukan sosialisi ke KPU kota/kab.

“Kesiapan KPU Jabar sendiri bersama 27 KPU kab/kota. Kami kemarin sudah melakukan rapat bersama untuk mengecek kesiapan operator. Kalau kesiapan, Jabar sudah siap melakukan verifikasi administrasi. Maka harus sinergis antara kab/kota dan partai politik,” tandasnya. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan