Persib Memang Layak Menang dari PSIS, Gol Kontroversi Dewangga Memang Tidak Sah, Menurut Aturan IFAB

JabarEkspres.com – Persib Bandung akhirnya berhasil meraih tiga poin pertama di Liga 1 2022/2023 dengan berhasil mengalahkan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 13 Agustus 2022.

Persib berhasil menang dengan skor 2-1 dari tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar. Kedua gol Pangeran Biru tersebut dicetak oleh David Da Silva pada menit ke-25 dan ke-65.

David Da Silva mencetak gol pertama lewat titik putih. Sementara itu gol kedua dicetak oleh David Da Silva lewat akselerasi individu dari hasil umpan cemerlang Ricky Kambuaya.

Maung Bandung langsung menancap gas semenjak pertandingan dimulai. Marc Klok dan kawan-kawan tidak mengendurkan serangan sepanjang pertandingan.

Kendati demikian, Laskar Mahesa Jenar juga tidak ambil diam sebagai tim tamu. Gol Taisei Marukawa merupakan bukti bahwa PSIS Semarang pun mampu memberikan perlawanan sengit atas tim tuan rumah.

Akan tetapi, dalam pertandingan sengit itu, ada hal yang tidak biasa terjadi. Adalah gol pemain PSIS Semarang, Dewangga, dianulir oleh wasit.

Hal tersebut terjadi saat pertandingan berada di menit-menit akhir pertandingan. Pertandingan pun sempat terhenti untuk beberapa saat untuk memutuskan apakah bola lemparan ke dalam Dewangga itu gol atau bukan.

Pada awalnya, tampak papan skor berubah menjadi imbang, yakni 2-2. Namun, wasit akhirnya menganulir lemparan ke dalam Dewangga yang memasuki gawang Persib.

Dalam tayangan ulang, bola lemparan ke dalam tersebut memang terlihat tidak mengenai seorang pemain pun, baik itu pemain PSIS atau Persib. Oleh karena itu, wasit menganulir gol kontroversial Dewangga.

Keputusan wasit sudah benar. Gol kontroversial Dewangga itu memang tidak sah, berdasarkan peraturan dari FIFA.

Berdasarkan aturan dari IFAB, lemparan ke dalam yang memasuki gawang tim lawan tidak dianggap sebagai gol.

IFAB (The International Football Association Board) merupakan suatu badan  yang terpisah dari FIFA yang bertugas untuk menetapkan aturan-aturan dalam pertandingan sepak bola (the Laws of the Game of association football).

Jabar Ekspres telah memverifikasi aturan tersebut. Berikut ini merupakan bunyinya:

A throw-in is awarded to the opponents of the player who last touched the ball when the whole of the ball passes over the touchline, on the ground orin the air.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan