Pastikan Asupan Makanan yang Baik Saat Akan Berkendara

JABAREKSPRES – Dalam berkendara sepeda motor setiap orang memiliki kapasitas dan kondisi masing-masing yang berbeda untuk setiap pengendara. Keselamatan juga menjadi hal yang utama dan harus diperhatikan selama di perjalanan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, salah satunya pengendara harus dalam keadaan fit karena terkadang memaksakan berkendara dalam kondisi daya tahan tubuh yang menurun atau tidak fit. Kondisi seperti ini juga bisa terjadi ketika kita sedang berkendara, secara tiba-tiba bisa saja kondisi badan tidak fit sehingga terganggu saat berkendara seperti kepala pusing karena lemas, tubuh yang kelelahan, atau lambung terasa sakit ketika sedang berkendara.

“Berkendara dalam kondisi kurang fit sangat tidak disarankan karena saat berkendara kita butuh konsentrasi dan teknik berkendara yang baik. Kondisi badan yang kurang fit juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang tepat ketika akan berkendara,” buka Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora.

Ketika akan berkendara baik jarak dekat maupun jauh, asupan makanan dan minuman juga harus diperhatikan. Pengendara juga tidak disarankan untuk makan terlalu kenyang atau berlebihan, karena kondisi perut yang kenyang dengan asupan gula atau karbohidrat yang berlebih dapat menyebabkan rasa ngantuk ketika sedang berkendara. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya micro sleep atau tidur dalam waktu yang sangat pendek dan akan sangat berbahaya ketika sedang berkendara.

Kemudian hindari makanan yang dapat mengganggu pencernaan pengendara, seperti makanan dengan rasa pedas atau rasa asam. “Karena dua hal ini dapat mengganggu pencernaan kita apabila dikonsumsi dalam kadar yang berlebih, sakit perut dapat mengganggu konsentrasi dan bahkan akan mengganggu jadwal dalam perjalanan kita saat berkendara,” ujar Demmy.

Selain makanan, beberapa minuman juga ada yang harus dihindari saat berkendara yaitu teh dan kopi. Kedua minuman ini cenderung membuat pengendara menjadi lebih haus dan harus lebih sering minum. Lebih baik meminum air mineral dengan jumlah secukupnya, air mineral dapat meningkatkan konsentrasi untuk pengendara karena mengandung banyak oksigen, selain itu juga dapat mengurangi rasa ngantuk yang mungkin terjadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan