Direktur IPO: Ridwan Kamil ‘Power Full’ di Pilgub 2024

“Elektabilitasnya mencapai 2,4 persen periode survei bulan Mei 2022. Ridwan Kamil 3 sampai 4 persen. Artinya, RK tidak dianggap satu-satunya tokoh dari Jabar yang menonjol,” kata dia.

Disatu sisi, lanjut dia, di kancah Nasional perlu ada kapasitas dan kemapanan logistik serta keterusungan partai politik dalam skema Capres maupun Cawapres cukup banyak.

Capres misalnya, sambung dia, Puan Maharani yang digadang-gadang tokoh paling mungkin terusung. Prabowo Sugianto, Airlangga Hartarto, kemudian ada Muhaimin Iskandar. Ini tokoh skema capres dari partai politik.

Sementara ditingkatan Capwapres pun banyak, misalnya, Zulkifli Hasan. Meskipun PAN tidak mengusungnya, tapi mempunyai kedekatan dengan Erick Thohir, Menteri BUMN. “Bisa jadi masuk pada skema Cawapres dari PAN,” katanya.

Selain itu, Demokrat dengan Agus Harimurti Yudhoyono, apalagi PDI-P, banyak tokoh yang dianggap layak. Seperti: Ganjar Pranowo, Abdullah Azwar Anas. Maka jika dibandingkan dengan Ridwan Kamil tentu tertinggal. Baik dari aspek kekuatan parpol maupun logistik.

“Rasionalnya, Ridwan Kamil akan mudah untuk mendapatkan peluang cukup besar jika mengikuti kontestasi Gubernur. Itupun jika ada yang mengusung. Karena partai politik tentu akan melihat komitmen,”tandasnya.(win)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan