Pemberdayaan UMKM untuk Mendukung Desa Puncak sebagai Smart Village

Program pendamping digital (Digital Ambassador). Pendamping digital sebagai fasilitator yang mempunyai keahlian/expert di bidang teknologi informasi dan pemberdayaan masyarakat desa, direkrut atas seleksi terbuka dan ditetapkan sesuai kualifikasi. Pendamping digital yang terpilih akan memfasilitasi pelaksanaan keberhasilan program desa cerdas yang dibantu kader digital sebagai Champion Local/Agent of Change.

Konsep desa Cerdas terdiri dari:

  • Konsep menjadi lebih baik diukur dengan melihat kinerja pengelolaan sumber daya sehingga menjadi lebih efisien, berkelanjutan dan melibatkan beragam elemen masyarakat.
  • Konsep Smart Village dibutuhkan agar desa-desa tersebut mampu mengetahui permasalahan yang ada di dalamnya (sensing), memahami kondisi permasalahan tersebut (understanding), dan dapat  mengatur (controlling) berbagai sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif dan efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya.

“Sebuah ekosistem yang memungkinkan pemerintah, industri, akademisi maupun elemen masyarakat terlibat untuk menjadikan desa menjadi lebih baik,” pungkas Dr. Nurul Hidayat, M.Kom. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan