Ingat, Besok Puasa Sunah Asyura, Begini Bacaan Niat dan Keutamaannya

JABAREKSPRES.COM – Puasa sunah asyura, merupakan puasa yang istimewa, karena hanya dilakukan sekali dalam setahun. Yakni pada yanggal 10 Muharam, atau pada tahun ini jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022. Dalam Artikel ini akan diberikan pula bacaan niat untuk puasa Asyura.

Kenapa dianjurkan puasa Asyura? karena puasa yang satu ini memiliki keutamaan dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.

Hal ini diungkapkan lewat hadist sahih. Diriwayatkan dari Abu Qotadah Al Anshori yang mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Perintah melakukan puasa Asyura tertuang dalam hadis Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

Dalil puasa Asyura

Hadis diriwayakan dari Ibnu Abbas: “Rasulullah telah berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan supaya orang-orang berpuasa.” (JR Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.