Mal di Bandung Sediakan 24.000 Dosis Vaksin Sambut Antusiasme Masyarakat

JabarEkspres.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan Kota Bandung terus menggencarkan pemerataan vaksin, terutama vaksin booster.

Saat ini persentase vaksin booster sudah mencapai angka 38 persen dari target lima puluh persen per akhir Agustus.

Antusiasme masyarakat mendapatkan booster di pusat perbelanjaan atau mal menjadi salah satu pendongkrak persentase ini.

Humas Mal Cihampelas Walk (Ciwalk), Agung Priyo, memaparkan, Dinas Kesehatan Kota Bandung bekerja sama dengan pihaknya untuk menggelar posko vaksinasi hingga menyediakan 24.000 dosis. Menurutnya, antusias masyarakat selalu konsisten untuk mendaftar vaksinasi di mal ini.

“Kita target sehari itu dua ratus dosis, sewaktu tanggal 1 dan 2 Agustus itu hampir 270 dosis sehari. Hari ketiga, keempat dan kelima sampai di kisaran rata-rata 205, 210, 190 dosis per hari,” ujarnya pada Jabar Ekspres, Jumat (5/8).

Penggelaran posko vaksinasi ini belangsung selama tiga belas hari, yaitu 1-13 Agustus. Dia menjelaskan, akan diperpanjang sesuai permintaan Dinas Kesehatan Kota Bandung.

“Kemarin sore dari Dinkes Kota Bandung mengabarkan kalau ditambah lagi setelah tanggal 13 bagaimana, ya kami menyambut positif untuk membantu dan mendukung program pemerintah,” terang Agung.

Untuk tanggal perpanjangan, tuturnya, Dinas Kesehatan akan menentukan sesuai ketersedian puskesmas. Sebab, puskesmas tersebut juga memiliki penggelaran vaksinasi tersendiri.

Puskesmas yang bertugas, kata dia, berganti setiap hari untuk mencapai target vaksinasi dari masing-masing Puskesmas.

Adapun puskesmas yang menggelar vaksinasi merupakan dari puskesmas Sarijadi, Sukarasa, Mandala, Babakan Tarogong, Pamulang, Cipaku, Derwati, Karangsetra, Ledeng, Sukawarna, Cibaduyut Wetan.

Agung mengatakan bahwa antusiasme vaksinasi ini bahkan mendapat sambutan antusias dari berbagai ragam usia, muda hingga lanjut usia.

Meski telah terjadi penurunan pengunjung, namun Agung meyakini gerai vaksinasi akan terus diminati hingga hari terakhir.

Tingginya animo masyarakat untuk vaksinasi di pusat perbelanjaan, khususnya di Ciwalk, kata dia, kemungkinan besar karena konsep outdoor yang diusung serta banyaknya pilihan tempat kuliner hingga hiburan yang dapat dikunjungi seusai divaksinasi.

“Alhamdulillah, di Ciwalk ini rata-rata dari target 200 itu selalu terpenuhi dalam lima hari ini,” kata dia.

“Kita, sih, berharap antusias masyarakat akan terus terjaga sampai hari terakhir untuk vaksin booster, kesadaran (masyarakat) tetap tinggi. Nantipun kita evaluasi kalau memang nyatanya masih diperlukan lagi, ya kita akan adakan lagi,” tandasnya.*** (Arv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan