Bahaya, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Setelah Minum Obat

JABAREKSPRES.COM – Dokter sering menyarankan untuk tidak mengkonsumi apapun atau menjeda makan atau minum setelah minum obat. hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya ada baberapa jenis makanan yang memang dilarang untuk dikonsumsi setelah minum obat jenis tertentu.

Hal ini dikenal sebagai interaksi obat-makanan, beberapa makanan bisa memperburuk efek samping obat, atau bahkan membuat efek samping baru jika tidak dikonsumsi dengan hati-hati

Karenanya tak jarang, kadang kita merasa sudah meminum obat namun tidak memberikan efek sembuh, malah muncul gejala lain. Untuk mengantisipasinya, berikut akan dijelaskan beberapa jenis makanan yang dilarang dikonsumsi setelah meminum obat jenis tertentu, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Susu atau produk susu dengan antibiotik

Susu atau produk susu (seperti keju dan yogurt) bisa mencegah penyerapan beberapa antibiotik, seperti tetrasiklin dan ciprofloxacin. Kalsium dalam susu dan produk susu bisa mengikat antibiotik pada lambung dan usus kecil bagian atas untuk membentuk senyawa yang bisa larut. Sehingga, penyerapan antibiotik oleh tubuh akan terganggu.

2. Sayuran hijau (vitamin K) dengan warfarin

Warfarin adalah obat pengencer darah yang membantu mencegah pembekuan darah.

Obat ini bekerja dengan cara mengganggu vitamin K-faktor pembekuan darah dependen. Sehingga, mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung vitamin K tinggi akan menurunkan kinerja obat warfarin ini.

Beberapa sayuran hijau yang mengandung vitamin K tinggi adalah bayam, kale, sawi, brokoli, asparagus, lobak hijau, dan kol brussel. Namun, bukan berarti Anda harus benar-benar menghindari sayuran ini.

3. Cokelat dengan monoamine oxidase inhibitor (MAOI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.