Lima Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Mudah

Jabarekspres.com — Tanpa disadari aktivitas keseharian kita dapat menurunkan kesehatan mata. Kali ini merupakan lima tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu coba.

Salah satu di antaranya, menatap layar gadget dan laptop terlalu lama, membaca buku dan bermain ponsel dalam keadaan cahaya yang tidak memadai.

Agar kesehatan mata kamu tetap terjaga dan berfungsi dengan optimal, kamu mungkin bisa mempraktikkan beberapa cara-cara berikut ini.

Agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik, maka kita harus menjaga kesehatan mata. Bagaimanapun, Mata adalah salah satu organ yang vital kita.

Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Mata

Berikut ini merupakan tips mendasar dan paling mudah yang dapat kamu lakukan di rumah.

Yang perlu kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk mulai mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid

Makanan-makanan yang mengandung hal-hal di atas itu bagus untuk kesehatan mata.

Kamu bisa mengonsumsi wortel, jeruk, tomat, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, brokoli, lobak hijau, kacang-kacangan, telur, hingga ikan seperti salmon, tuna, dan sarden.

Gunakan Kacamata Pelindung

Ketika bepergian ke luar, kacamata pelindung sangat penting untuk melindungi mata dari terik sinar matahari ataupun ketika kamu sedang melakukan aktivitas yang mengharuskan kamu menatap layar laptop dan gadget dalam waktu yang lama.

Istirahatkan Mata

Bagaimanapun, mata juga bisa mengalami kelelahan. Terlalu sering menatap layar komputer juga membuat mata menjadi cepat lelah.

Kamu perlu mengatasinya dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit sekali, dengan jeda istirahat ketika sedang melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

Hindari Rokok

Dilansir dari Halodoc, asap rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

Periksa Mata secara Rutin ke Dokter

Setidaknya 2 tahun dalam sekali kamu diwajibkan untuk memeriksa kondisi mata. Ini merupakan salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengetahui secara cepat dan tepat terkait masalah-masalah apa saja yang sedang dialami oleh mata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan