Ribuan Pencari Kerja Membludak Padati Job Fair di Thee Matic Mall Majalaya

BANDUNG – Ribuan pencari kerja mendatangi Job Fair yang digelar oleh Dinas Ketanagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bandung di Thee Matic Mall Majalaya, Kabupaten Bandung dipadati pengunjung.

Kabid Perencanaan dan Informasi Pasar Kerja Disnaker Kabupaten Bandung, M Zumhan mengatakan jika para pengunjung sudah membludak sejak pukul 8 pagi pada Kamis (28/7) sore.

“Kita buka dari jam 8, itu sudah banyak yang datang dan antre, membludaknya pencari kerjanya, secara itungan kasar tidak kurang dari 2000 orang yang datang,” kata Zumhan.

Zumhan mengungkapkan, pihaknya telah dua kali menggelar Job Fair di Kabupaten Bandung pasca Pandemi Covid-19. Di Job Fair kali ini, setidaknya ada 600 lowongan yang tersedia dari berbagai jenis perusahaan.

Menurut Zumhan, perusahaan perbankan paling diserbu oleh para pencari kerja. Pasalnya, perusahaan perbankan menyediakan kuota paling banyak dibandingkan dengan perusahaan lain.

“Paling banyak itu tadi saya lihat di BTPN Syariah karena mereka menyediakan 150 lowongan, lalu ada perusahaan lain juga yang menyediakan 200 lowongan, perusahaan lain rata-rata 10 sampai 15 lowongan orang,” terang Zumhan.

Tingginya antusias para pencari kerja dinilai imbas dari Pandemi Covid-19. Menurutnya, banyak orang yang mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) di Masa Pandemi Covid-19. Meski begitu, tak sedikit pula pelamar yang berstatus fresh graduate.

“Mungkin ini dampak dari Pandemi Covid-19 kemarin, sekarang baru ada lagi, apalagi tadi ada gebyar UMKM,” tuturnya.

“Tapi banyak juga yang baru lukus, karena kelulusan bulan Mei kemarin, banyak pelamar baru lulusan SMA SMK yang baru dapat ijazah,” imbuhnya

Zumhan menegaskan, meski diserbu banyak pelamar kerja, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mereka yang masuk diharuskan  memakai masker.

“Tetap kita memperhatikan Prokes, karena kita masih Pandemi, kita atur sedemikian rupa sesuai dengan Prokes,” tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan