Khutbah Jumat Khusus Bulan Muharram 1444 H, Terbaru 2022

Bulan Muharram adalah musim kebaikan, momen yang baik untuk melakukan perdamaian, momen yang baik untuk meningkatkan amal, sedekah, menyantuni anak yatim, dan menolong mereka yang membutuhkan.

Bulan Muharram sebagai bulan awal tahun baru Hijriah menjadi momen yang terbaik untuk melakukan hijrah, hijrah dari sifat yang tercela menuju sifat yang terpuji.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah, Secara teologis bulan Muharram adalah bulan mulia yang mendatangkan pahala yang berlipatganda.

Sedangkan secara psikologis, pada bulan Muharram ini kita dianjurkan untuk melakukan perbuatan – perbuatan mulia dan dilarang melakukan perbuatan-perbuatan haram lagi tercela. Keutamaan bulan Muharram ini bisa dijadikan sarana untuk menempah kepribadian bangsa Indonesia di tengah bencana moral.

Bila amalan-amalan bulan ini disambut dengan Iman, Islam dan Ihsan secara terpadu, maka akan menghasilkan pribadi-pribadi yang mulia. Bagaimana tidak? Pada bulan Muharram ini kita harus meneladani sejarah hijrah Nabi Muhammad ﷺ yang melahirkan peradaban dan periode keemasan di Madinah.

Menjiwai watak kepribadian kaum Muhajirin dan Anshar yang mengagumkan. Jiwa altruis (al-itsar) yang saling mengasihi dan menyayangi, tolong-menolong, menggalang persatuan dan membangun komitmen via Piagam Madinah sebagai acuan menyejahterakan bangsa.

Pada bulan Muharram ini kita disunnahkan berpuasa tasu’a dan Asyura, puasa Senin – Kamis maupun puasa pertengahan bulan (ayyaamul bidh).

Melalui puasa ini, kita diajarkan empati dengan perjuangan para Nabi terdahulu, melatih kesabaran, memiliki keuletan, ketangguhan dan menjadi perisai emosi agar tidak menjadi bangsa pemarah tetapi bangsa yang damai penuh kasih dan sayang.

Pada bulan Muharram ini, juga populer dengan faidah-faidah Asyura (10 Muharram) yang penting kita amalkan. Berkaitan dengan ini Al-Hafizh Ibnu al-Jauzi al-Hanbali (508-597 H/1114-1201 M) dalam kitab al-Majalis, hal. 73-74, yang diterbitkan Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, seorang ahli hadits mazhab Hanbali, menjelaskan kebiasaan para ulama pada hari Asyura

Faidah-faidah hari Asyura: Mandi pada hari Asyura. Telah disebutkan bahwa Allah ﷻ membedah komunikasi air Zamzam dengan seluruh air pada malam Asyura’. Karena itu, siapa yang mandi pada hari tersebut, maka akan aman dari penyakit selama setahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan