KBB Jadi Tumpuan Pertumbuhan Pelanggan Listrik

BANDUNG BARAT – Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Cimahi Taufan Prihayandi mengakui jika pertumbuhan pelanggan, PLN UP3 Cimahi bertumpu pada pengembangan wilayah di Kabupaten Bandung Barat. Terutama di wilayah Cililin dan Padalarang.

”Selama Semester I di 2022 ini, di Cililin dan Padalarang bertambah sekitar 5.800 pelanggan,” ungkapnya, Kamis (28/7).

Taufan mengatakan, dengan meningkatnya konektivitas dan infrastruktur ke kedua wilayah tersebut, menambah efek domino dari pengembangan kawasan yang berdampak langsung pada pertumbuhan pelanggan maupun energi listrik.

Dia mencontohkan keberadaan kota mandiri seperti Kota Baru Parahyangan yang aksesnya mudah terjangkau serta sarana prasarana perhubungan yang lebih baik telah membuka kawasan-kawasan industri maupun pemukiman baru di wilayah tersebut.

”Itu sangat mempengaruhi peningkatan pelanggan. Kami secara teknis terus menyiapkan investasi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk mengimbangi perkembangan di wilayah Bandung Barat,” ucapnya.

Dibandingkan dengan wilayah layanan lain, di PLN UP3 Cimahi, selama tahun 2022 secara kuantitas pelanggan baru memang didominasi dengan penambahan pelanggan di wilayah Padalarang dan Cililin. Apalagi dengan adanya pengembangan kawasan pemukiman.

”Di Cililin banyak developer perumahan yang membuka kompleks pemukiman baru, itu sangat menyumbang penambahan pelanggan maupun konsumsi energi listrik di wilayah tersebut,” bebernya.

Sementara untuk di wilayah Lembang, lanjutnya, banyak disokong oleh sektor pariwisata. Dia pun berharap di Lembang masih bisa terus meningkat hingga akhir tahun 2022 ini. Mengingat sebelumnya sektor wisata di kawasan tersebut sempat terhambat karena adanya pandemi Covid-19.

”Untuk di wilayah Rajamandala kita masih berharap industri pengolahan dan dedieselisasi bisa terus meningkatkan penjualan tenaga listrik di wilayah tersebut,” tandasnya.

PLN UP3 Cimahi mencatat pertumbuhan pelanggan yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat, ada di Unit Layanan Pelanggan (ULP) Rajamandala, Cililin, Padalarang dan Lembang. (ziz)

Tinggalkan Balasan