Khutbah Jumat Tentang Menyambut Tahun Baru Islam 1444 H (Bulan Muharram)

Jabarekspres.com- Setelah merayakan Idul Adha di bulan Dzulhijjah, kini umat Islam akan memasuki bulan Muharram yang akan Jatuh pada 30 Juli 2022. Bagi Anda yang sedang mencari teks Khutbah Jumat mengenai bulan Muharram berikut contohnya.

Biasanya ketika akan memasuki bulan Muharram, khotib akan membawakan khutbah Jumat mengenai bulan Muharram.

Banyak materi yang di bahas di khutbah jumat menjelang bulan Muharram atau tahun baru Hijuriah 1444 ini.

Biasanya khotib akan membawakan materi khutbah jumat tentang keutamaan b8ulan Muharram, ibadah di bula Muharram dan sebagainya.

Untuk itu bagi Anda yang ditugaskan untuk mengisi Khutbah Jumat berikut adalah contoh teks khitbah Jumat mengenai bulan Muharram.

 

 

Contok Teks Khutbah Jumat Mengenai Bulan Muharram (Tahun Baru Islam 1444 H)

 

Khutbah Pertama

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا وَرَسُوْلِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى ا للهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَتَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا ، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أَمَّا بَعْدُ

 

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Saat ini kita sudah akan memasuki bulan muharram. Berarti kita sudah masuk ke tahun baru hijriyah menurut kalender Islam. Kalender Islam yang penghitungannya berdasarkan perputaran bulan dimulai dengan bulan Muharram.

 

Oleh karena kita telah memasuki bulan pertama di tahun baru Islam, maka hendaklah kita membuka tahun baru kita ini dengan ketakwaan dan keshalihan.

Tak lupa kita harus merasa menyesal dan bertaubat atas berlalunya waktu di tahun kemarin yang tidak diisi dengan ketaatan kepada Allah sehingga kita tidak mendapatkan keberuntungan pada waktu-waktu tersebut dan tidak pula keridhaan Allah Ta’ala.

Tahun yang telah berlalu kemarin bisa menjadi saksi yang membela kita dan bisa pula menjadi saksi yang memberatkan kita di akhirat nanti.

Oleh karenanya, marilah kita mengambil bekal yang cukup, kita persiapkan jawaban yang memadai dan memperbanyak kebaikan pada umur kita yang tersisa, untuk menutupi berbagai kekurangan dan ketergelinciran di masa lalu, sebelum habis jatah umur kita dan datang malaikat maut untuk menjemput kita.

Keutamaan Bulan Muharram

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Di antara nikmat Allah Ta’ala kepada para hamba-Nya adalah Allah mengukuhkan musim-musim kebaikan untuk mereka sebagai bentuk penyempurnaan pahala mereka dan menambah banyak anugerah Allah bagi mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan