Program Rutilahu Perlu Skema Baru

Ia mengaku, beberapa waktu lalu dirinya melakukan kunjungan ke beberapa daerah. Ditemukan ada beberapa rumah yang sangat layak untuk mendapatkan bantuan Rutilahu tersebut.

Namun, lanjut dia, karena rumah tersebut tidak mempunyai jaminan swadaya dan dana pribadi untuk tambahan pembangunan, maka tidak bisa dilaksanakan.

“Jadi kedepannya kita usulkan dari nilainya, harus naik. Harus mencukupi kepada standar akhirnya. Dari struktur rumahnya kokoh bisa dihuni, ada jambannya mungkin dengan sekitar Rp40 jutaan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika warga yang mendapatkan bantuan rutilahu tersebut tidak mempunyai dana pribadi atau pinjaman dana swadaya lainnya. Dikhawatirkan akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya.

Terlebih, yang ditakutkannya, LPM menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang tengah membangun rumah. Sehingga dinilai tak tepat sasaran.

“Saya kontrol itu banyak rumahnya menjadi megah. Habis Rp200 juga, Rp150 juta. Ini menjadi tidak tepat sasaran harus ditinjau kembali oleh Dinas Perkim Jabar,” tegasnya Jajang.(win)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan