Viral di Instagram, Hologram Pemindaian e-KTP, Begini Cara Bikinnya

JABAREKSPRES.COM – Pengguna Instagram terus dimanjakan dengan berbagai filter tambahan yang nyaris tiap hari muncul filter baru. Yang terbaru dan banyak diperbincangkan adalah hologram pemindai e-KTP.

Bila membuka video Reels di Instagram, maka salah satu yang akhir-akhir ini kerap muncul adalah video hologram hasil pemindaian atau scan e-KTP. Video ini memiliki banyak penyuka, karena pemindaian dirasa cukup aman karena hanya menampakkan bagian belakang kartu identitas e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik).

Salah satunya video yang telah ditonton sebanyak 15 juta kali, akun tersebut menunjukkan adanya hologram atau gambar 3D yang bisa muncul dari bagian belakang e-KTP lewat kamera Instagram.

Pada hologram e-KTP Instagram itu, memuat beberapa informasi yang juga ditampilkan, seperti informasi tentang peta negara Indonesia, bendera Merah Putih, dan lambang Garuda.

Efek animasi dari fitur filter ini yang membuat akhirnya hologram bisa muncul pada bagian belakang e-KTP lewat kamera di Instagram.

Adapun nama filter yang bisa membuat efek seperti itu adalah “e-KTP Project“ buatan Purpose Team Studio.

Jadi, bila Anda ingin mencoba memunculkan hologram dari bagian belakang e-KTP di Instagram, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menambahkan dulu filter e-KTP Project.

Untuk cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram, silakan simak penjelasannya di bawah ini. seperti dilansir dari tekno.kompas.com.

Cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram:

1. Buka aplikasi Instagram Anda.
2. Klik ikon tambah yang berada di halaman beranda untuk mulai membuat Story.
3. Geser filter di tombol perekaman video hingga menemukan opsi “Telusuri Efek”.
4. Pilih opsi tersebut dan masukkan kata kunci “e-KTP Project” di kolom pencarian.
5. Bila filter e-KTP Project telah muncul silakan klik opsi untuk simpan.
6. Lihat Foto Ilustrasi cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram.
7. Setelah filter tersebut tersimpan, Anda kini mulai bisa menggunakannya untuk membuat video dengan memindai e-KTP bagian belakang agar muncul hologram.

Untuk cara menggunakan filter e-KTP Project di Instagram, begini penjelasannya.

1. Klik ikon tambah yang berada di halaman beranda aplikasi Instagram untuk mulai membuat Story atau Reels.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan