Rumah Jadi Sarang Nyamuk? Letakkan Tanaman ini, Dijamin Nyamuk Kabur Tanpa Harus Mengusirnya

JABAREKSPRES.COM – Pergantian musim dari hujan ke panas, sepertinya membuat beberapa sudut ruangan menjadi lembab dirumah. Meski sudah berkali-kali dibersihkan, ruangan yang lebab sangat disukai nyamuk. Karenanya tak heran bila beberapa waktu terakhir tampak banyak nyamuk disekitar rumah. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa jenis tanaman yang efektif mengusir nyamuk dari dalam rumah.

Selain bisa menimbulkan penyakit, nyamuk yang berada disekitar kita tentu akan sangat mengganggu kenyamanan. Bisa dari suaranya yang mengganggu atau dari gigitannya yang sedikit menyakitkan.

Bila sudah sangat mengganggu, maka keberadaan koloni nyamuk-nyamuk ini harus diberantas. Banyak yang memilih cara praktis dengan memasang obat nyamuk bakar yang penuh asap, atau obat nyamuk semprot yang mengeluarkan bau tak sedap. Ada pula yang menggunakan lotion pengusir nyamuk yang kadang membuat kulit iritasi.

Sebenarnya ada pilihan paling aman untuk mengusir nyamuk-nyamuk ini, yakni dengan cara alami, menaman tanaman hias.
Beberapa jenis tanaman hias indoor sangat efektif membuat nyamuk kabur dari rumah kita. Tanaman ini juga cocok diletakkan di dalam kamar tidur.

Mengutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 jenis tanaman hias indoor yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami.

1.Lavender

Tanaman hias lavender adalah salah satu jenis tanaman hias indoor yang cantik, Bunda. Lavender memiliki warna ungu yang tentunya akan menambah kecantikan rumah Bunda.

Mengutip dari laman Garden Design, lavender memiliki aroma yang akan menghalangi nyamuk masuk ke dalam ruangan. Kalau ingin merawatnya, pastikan mereka mendapatkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Bunda bisa letakkan lavender di jendela kamar, nih.

2. Bunga marigold

Marigold adalah tanaman hias bunga yang bisa diletakkan di luar atau di dalam ruangan, Bunda. Marigold memiliki warna bunga yang cantik yakni kuning dan oranye.

Menurut laman Garden Design, marigold akan mengeluarkan aroma yang bisa mengusir nyamuk. Tumbuhan ini juga bisa mengusir serangga seperti lalat, kumbang, dan sebagainya.

3. Daun mint

Melansir dari laman The Spruce, daun mint adalah tanaman terbaik untuk mengusir serangga termasuk nyamuk, Bunda. Aroma daun mint sangat menyengat sehingga nyamuk tidak akan masuk ke dalam kamar Bunda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan