Banyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Tersembunyi dari Daging Kambing

JABAREKSPRES.COM – Daging kambing, seringkali disebut sebagai pemicu timbulnya berbagai masalah penyakit, seperti Hypertensi, asam urat hingga kolesterol tinggi. Padahal didalam daging kambing ada kandungan manfaat yang luar biasa yang belum banyak diketahui orang.

Daging kambing sebagai sumber protein hewani, memiliki tekstur dan rasa mirip seperti daging sapi. Apalagi bila kambing masih berusia muda.

Dibandingkan daging merah lainnya, seperti daging sapi dan domba, sumber protein hewani satu ini diketahui lebih sehat. Pasalnya, kandungan lemak di dalamnya cukup rendah dan masih mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Bahkan susu kambing juga dipercaya memiliki lebih banyak khasiat dibandingkan susu sapi. Terutama kambing dengan asupan makanan yang organik.

Berikut ini sejumlah manfaat daging kambing bagi kesehatan tubuh seperti dikutip dari hellosehat:

1. Mencegah anemia

Salah satu manfaat daging kambing yang sayang dilewatkan yaitu mencegah anemia, hal ini karena kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam sel darah merah. Dengan begitu, sel darah merah bisa mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, tapi tubuh manusia tidak dapat menghasilkan zat besi sendiri. Itu sebabnya, Anda perlu mendapatkan zat besi dari makanan, seperti daging kambing untuk mencegah anemia.

2. Memelihara kesehatan otot

Selain mencegah anemia, manfaat daging kambing lainnya yakni memelihara kesehatan otot. Bagaimana tidak, daging kambing kaya akan protein yang tidak jauh berbeda dengan daging merah lainnya. Protein dalam daging kambing menyediakan semua asam amino esensial yang diperlukan kesehatan dan perkembangan tubuh.

Anda membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan otot. Tidak hanya itu, tubuh memanfaatkan protein pada daging untuk memperbaiki jaringan yang rusak, terutama pada otot. Untuk itu, asupan protein harian yang cukup membantu memelihara kesehatan otot dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Membantu mengurangi risiko obesitas

Tahukah Anda bahwa daging kambing termasuk salah satu daging dengan kandungan lemak yang cukup rendah? Kandungan lemak pada daging kambing secara keseluruhan lebih rendah dibandingkan daging merah lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan