Cara Menghilangkan Aroma Prengus Daging Kambing, Begini Triknya

JABAREKSPRES.COM – Daging kambing memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan, namun banyak yang tidak menyukaiinya karena bau amis atau prengus. Terutama pada kambing dengan usia tua.

Sementara pada Hari Raya Idul Adha, kambing mrenjadi salah satu hewan yang dianjurkan untuk dikurbankan.

Daging kambing yang dibagikan biasanya tidak hanya berisi daging. Namun berisi campuran, seperti jeroan juga tulang.

Aroma prengus ini akan lebih terasa lagi pada jeroan. Karenannya untuk menghilangkan aroma tersebut perlu trik khusus saat memasaknya.

Prengus berasal dari zat feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama pejantan. Gunanya untuk memikat kambing betina.

Bagi sebagian orang, bau ini sangat mengganggu. Bahkan bisa membuat selera makan hilang. Tapi jangan khawatir karena ada banyak cara hilangkan bau amis di daging kambing.

1. Jangan Dicuci

Daging kambing tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Mencuci daging kambing justru akan membuat bau amis atau prengus semakin kuat.

Untuk menghilangkan kuman dan bakteri, rebus daging kambing di air mendidih selama sepuluh menit. Setelah itu, bilas daging dengan air bersih.

2. Segera olah daging

Saat mendapat potongan daging kurban, sebaiknya segera diolah atau simpan dalam chiller. Membiarkan daging terlalu lama di suhu ruang akan membuat daging tidak segar dan cepat busuk akibat bakteri.

3. Buang Lapisan Lemak

Lapisan lemak merupakan salah satu sumber bau menyengat pada daging kambing. Untuk mengatasinya, kamu perlu membuang bagian berwarna putih yang menempel pada daging.

4. Taburi garam

Garam mengandung natrium klorida yang bisa menetralisir bau amis dari darah kambing. Selain menghilangkan bau prengus, garam juga akan menguatkan rasa.

Taburi permukaan daging dengan garam, lalu diamkan selama satu jam. Agar daging tidak terlalu asin, pastikan kamu membilas sisa garamnya ya, Urbanreaders.

5. Jus nanas dan daun pepaya

Last but not least, cara menghilangkan bau amis pada daging kambing bisa dilakukan dengan daun pepaya.

Caranya, bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah dicuci. Diamkan selama kurang lebih dua puluh menit.

Sebelum dibungkus, kamu juga bisa melumuri daging dengan parutan nanas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan