Pemkab Sumedang Fokus Turunkan Angka Stunting

jabarekspres.com – Sejak ditetapkan sebagai salah satu dari 100 kabupaten/kota prioritas penurunan Stunting oleh pemerintah pusat, Kabupaten Sumedang sangat fokus dalam penurunan angka stunting dengan konsep kolaboratif, inovatif dan progresif.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sumedang pada acara Penilaian Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting oleh Tim Penilai Kinerja Stunting Jawa Barat secara virtual dari Ruang Kerja Wabup dan Ruang Kepala Bappppeda, Selasa (5/7)

“Tahun 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Stunting di Kabupaten Sumedang dan telah membuahkan hasil yang optimal. Hal ini terlihat dari prevalensi stunting Sumedang yang menurun signifikan,” ucap Wabup Erwan.

Wabup menuturkan, berdasarkan hasil studi status Gizi Indonesia, prevelansi Stunting Sumedang menurun signifikan dari 32,2 persen pada tahun 2018 menjadi 22 persen pada tahun 2021.

“Bahkan berdasarkan Bulan Penimbangan Balita Tahun 2021, prevalensi stunting Sumedang hanya sebesar 10,99 persen” tuturnya

Dikatakan, keberhasilan penurunan stunting di Kabupaten Sumedang selama Tahun 2021 telah mendapatkan apresiasi baik dari pemerintah, asosiasi, profesi maupun pihak swasta.

“Apresiasi tersebut antara lain Terbaik I Kategori Kabupaten dengan Kinerja Terbaik dalam Pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tingkat Jawa Barat Tahun 2021 dan Kabupaten Paling Replikatif Tingkat Jawa Barat Tahun 2021. Juara II Lomba Inovasi Cegah Stunting Tahun 2021 Kategori Pemanfaatan Teknologi Informasi yang diselenggarakan BKKBN, HIIPG dan Adinkes serta Public Service of The Year Jawa Barat 2021 dari Markplus Inc.,” kata Wabup

Menurutnya, dari berbagai prestasi dan apresiasi tersebut, masih banyak hal yang harus diperbaiki ke depan dalam upaya penanganan Stunting di Kabupaten Sumedang.

“Oleh Karena itu. Saya selaku Ketua TPPS  beserta seluruh jajaran sangat berkomitmen menetapkan target Bulan Penimbangan Balita EPPGBM 100 persen. Sehingga tidak ada lagi Balita yang luput dari pemantauan dalam upaya mewujudkan Sumedang Zero New Stunting,” ucap Wabup.

Ketua Harian TPPS Sumedang yang juga Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Hj Tuti Ruswati mengatakan, pihaknya telah mengikuti evaluasi terhadap pelaksanaan 8 Aksi Konveregensi Penurunan Stunting di Kabupaten Sumedang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan