Merasa Kebal, Abu Janda Sengaja Edit Video Anies Baswedan Bicara Soal ACT

JAKARTA – Abu Janda mengunggah video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang seolah sedang berbicara tentang yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dalam video singkat itu, Anies Baswedan terdengar berbicara ACT adalah lembaga profit atau mencari keuntungan.

Video itu diunggah pria kontroversial bernama Permadi Arya atau Abu Janda melalui Instagram pribadinya @permadiaktivis2 pada Rabu (6/7).

Unggahan  Abu Janda membuat banyak warganet salah paham bahkan percaya Anies berkata demikian.

“Bahwa ACT menciptakan suatu sistem di mana mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berpunya. Mereka yang membutuhkan memberikan kepada mereka yang berlebih.”

“Sistem ini merupakan sebuah pendekatan yang amat menarik dan ini adalah contoh inovasi profit (Cuan) tapi insya allah this is always for benefit (keuntungan),” demikian kata Anies dalam video yang diposting  Abu Janda.

“Pak @aniesbaswedan menjelaskan sistem ACT Aksi Cuan Terus (Parodi) akhirnya jadi jelas setelah dijelaskan pak anies,” tulis Abu Janda.

Namun, Abu Janda menjelaskan postingannya adalah parodi, humor plesetan untuk konten hiburan.

Cuplikan video yang diunggah itu merupakan video Anies pada Mei 2020 saat menghadiri kegiatan ACT.

Unggahan tersebut lantas mendapat respons dari sejumlah publik figur.

Dari hasil penelusuran pernyataan dalam video tersebut berbeda dengan video aslinya. Bisa dikatakan, video tersebut sudah diedit.

Pernyataan Asli Anies Baswedan Sebagai Berikut:

“Karena itu saya menyampaikan apresiasi bahwa ACT langsung bertindak cepat, langsung bertindak tanggap menciptakan suatu sistem di mana mereka yang berpunya memberikan kepada mereka yang kekurangan, mereka yang berlebih memberikan kepada mereka yang membutuhkan.”

“Sistem ini merupakan suatu pendekatan yang amat menarik karena bukan lewat negara tapi lewat antar masyarakat,” kata Anies dikutip dari kanal YouTube ACT, Kamis (7/7).

Pernyataan ini jelas terbalik dengan postingan Abu Janda. Sebagian menuduh Abu Janda menyebar berita tak benar meski postingannya sudah diisi keterangan untuk parodi.

Namun yang miris, meski telah diisi keterangan parodi, masih banyak warganet yang percaya dengan unggahan Abu Janda tersebut.

Izin ACT Dibekukan

Kementerian Sosial (Kemensos) mencabut izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang telah diberikan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tahun 2022.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan