Jamah Warga Terisolir Pasca Banjir Bandang, PB Inspira-JMI Bogor Raya Sebar Bantuan dari Kapolri

BOGOR – Pasca luluh lantak diterjang banjir bandang pada dua pekan lalu, warga Desa Purasari, Cianten, Leuwiliang, Kabupaten Bogor menyisakan luka mendalam.

Tak sedikit warga masyarakat yang terisolir akibat terputusnya sejumlah jembatan, dampak dari luapan Sungai Cisarua yang merupakan anak Sungai Cianten. Masyarakat di kawasan hulu yang didera 42 titik longsor itu kini dalam proses pemulihan.

Uluran tangan terus digencarkan sejumlah pihak. Bersama organisasi kepemudaan, Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (PB Inspira), Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya menyalurkan bantuan berupa kasur lipat, selimut, mie instan dan perlengkapan pendidikan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rabu (6/7).

Ketua JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa mengatakan, aksi kemanusiaan tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat luas terkait kondisi terkini masyarakat terdampak bencana banjir.

Dia mengaku, pihaknya juga menyampaikan bantuan secara langsung kebutuhan dasar anak-anak dari Keluarga Besar SDN Polisi 1 Kota Bogor berupa susu formula untuk balita, popok bayi, perlengkapan bayi hingga makanan ringan yang dikemas dalam program Trauma Healing bersama para Relawan Trabas Squad.

Hal itu, sambung dia, terealisasi atas hasil observasi para jurnalis yang sebelumnya melaksanakan peliputan di wilayah terdampak bencana tersebut.

“Bantuan yang kami sampaikan menyesuaikan kepada kebutuhan mereka. Semoga bermanfaat dan bisa membuat mereka tersenyum, terutama anak-anak korban bencana alam,” ungkap Billy kepada disway.id , Kamis (7/7).

Billy juga mengapresiasi para relawan Trabas Squad yang tak pernah lelah menyapa masyarakat di sejumlah titik terisolir.

“Tugas kami selanjutnya adalah mensupport kegiatan relawan muda sangat bersemangat menyertai warga terdampak, khususnya dalam program trauma healing. Untuk itu, posko aksi kemanusiaan JMI Bogor Raya akan terus kami buka,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Inspira, Rizki Fathul Hakim menambahkan, distribusi bantuan yang menjadi amanah dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu, merupakan bantuan tahap ketiga yang telah disalurkan melalui PB Inspira.

“Sebelumnya kami telah mendistribusikan bantuan di Desa Tanjungsari. Hari ini kami fokuskan bantuan di titik Cianten yang sebelumnya terisolir akibat 16 titik longsor,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan