Pemprov Jabar Imbau Penyembelihan Hewan Kurban di Lakukan di RPH.

BANDUNG – Jelang perayaan Idul Adha atau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH)

Selain mengeluarkan imbauan, Pemprov juga diketahuik melakukan beberapa persiapan dan pengawasan.

“Sebenarnya itu menjadi tugas bagiannya dari Kabupaten Kota untuk tim pemeriksaan hewan kurban. Tetapi karena dimasa covid dan adanya wabah PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) kita lebih memperkuat dari Provinsi (Jabar),” ucap Kepala DKPP Provinsi Jawa Barat, M Arifin Soedjayana saat dikonfirmasi, Rabu (6/7).

Sebagai langkah antisipasi, DKPP yang perkuat oleh Pemprov Jabar, kata Arifin, bisa melakukan pemeriksaan dan pengawasan secara bergiliran di setiap harinya.

“Itu bisa sampai 5 atau 6 Kabupaten Kota yang dilaksanakan pemeriksaan dari tim kita yang turun kelapangan,” ujarnya

Sementara, untuk kesiapan rumah potong hewan (RPH) sendiri dalam melakukan persiapan pemotongan hewan kurban, Arifin mengaku bahwa seluruh RPH yang ada di kabupaten kota hingga saat ini telah dinyatakan siap.

Meskipun dengan jumlah yang tidak banyak, dia melanjutkan bahwa pihaknya akan menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di RPH.

“Itu tidak semua kabupaten kota ada (RPH), saya lupa data pastinya, tapi mungkin ada sekitar 15 RPH, tapi kita akan tetap menyarankan kepada mereka kalau memang tempat penyembelihannya tiidak bisa memenuhi SOP (standar operasional kerja), itu akan kita arahkan ke RPH. Tapi kalau sanggup dengan pendampingan oleh DKPP Kabupaten Kota, MUI, Kecamatan, hingga Kemenag, itu dipersilahkan,” imbuhnya. (San).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan