Merangkum Kebijakan dan Program Apa Saja yang Diterapkan Pada 1 Juli 2022

Jabarekspres.com – Belakangan, banyak kabar serta kebijakan dan program baru dari pemerintah yang akan terjadi pada 1 Juli 2022 mendatang.

Seperti kebijakan pembelian BBM Subsidi jenis Solar dan Pertalite melalui aplikasi MyPertamina. Namun, tidak hanya itu saja kebijakan yang akan berlaku pada 1 Juli mendatang.

Kira-kira apa saja? Berikut sejumlah rangkumannya.

Pembelian BBM pakai MyPertamina

PT Pertamina menegaskan tanggal 1 Juli 2022 adalah tahap registJika sudah terkonfirmasi, pengguna akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka cocok. Dengan demikian, pengguna bisa membeli pertalite dan solar.

Tarif Listrik Naik

Pemerintah secara resmi akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) mulai besok, 1 Juli 2022.

Kebijakan tersebut diterapkan sesuai keputusan dalam Surat Menteri ESDM Nomor T-162 TL.04 MEM.L 2022 tertanggal 2 Juni 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (Periode Juli-September 2022).

Gaji 13 ASN Mulai Cair

Gaji 13 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mulai dapat dicairkan besok Jumat 1 Juli 2022. Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp35,5 triliun untuk gaji 13 ASN tersebut.

Tidak hanya para ASN, gaji 13 juga diberikan untuk pensiunan, penerima pensiunan, dan penerima tunjangan dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Kelas Rawat Inap BPJS Kesehatan Di hapus

Dikabarkan mulai bulan Juli Pemerintah akan menghapus pelayanan kelas rawat inap 1, 2 dan 3 untuk peserta Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Wacana penghapusan pelayanan ruang rawat inap kelas 1, 2 dan 3 bagi peserta BPJS Kesehatan ini nantinya berubah menjadi satu kelas Standar dengan pelayanan setara.

Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan menggelar pemutihan pajak kendaraan mulai 1 Juli 2022.

Pemutihan pajak kendaraan adalah program pemerintah daerah untuk meringankan tanggung jawab membayar denda bagi wajib pajak yang telat atau tidak membayar pajak.Selama masa pemutihan, wajib pajak hanya perlu membayar pokok PKB tanpa harus pusing memikirkan denda.

Tiket KA Pangrango Dapat Dibeli Lewat KAI Access

Mulai tanggal 1 Juli 2022, pembelian tiket Kereta Api (KA) Pangrango dapat dilakukan dengan transaksi online melalui Aplikasi KAI Access dan mitra KAI lainnya.

Kebijakan pembelian tiket KA Pangrango secara online melalui aplikasi KAI Access ini juga merupakan bentuk dukungan KAI terhadap program pembayaran melalui cashless yang digalakkan oleh pemerintah saat ini.

Tinggalkan Balasan