Hati-Hati! Virus Cacar Monyet Lebih Mudah Menular Melalui Barang Ini

Jabarekspres.com – Tahukah Anda, virus cacar monyet akan lebih mudah untuk menular melalui pakaian dan seprei yang telah terkontaminasi.

Namun, hingga saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan hingga kini belum ada laporan kasus penyakit cacar monyet (monkeypox) di Indonesia.

Diketahui, Cacar monyet atau monkeypox pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

Lalu, cacar monyet menginfeksi manusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.

Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita. Tapi, penularan antar manusia membutuhkan kontak yang lama.

Lantas, seperti apa langkah untuk mencegah terinfeksi cacar monyet? Seperti dirangkum dari berbagai sumber pada 28 Juni 2022, berikut ini penjelasannya.

Tips mencegah terinfeksi dari cacar monyet

Langkah yang paling utama agar terhindar cacar monyet yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat, seperti monyet dan tupai, atau orang-orang yang sedang terinfeksi.

Adapun beberapa langkah pencegahan lain seperti:

– Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama sebelum memasak atau mengolah makanan, sebelum makan, sebelum menyentuh hidung atau mata, dan sebelum membersihkan luka

– Menghindari berbagi penggunaan alat makan dengan orang lain, juga tidak menggunakan barang yang sama dengan orang yang terinfeksi cacar monyet

– Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengonsumsi dagingnya

– Memasak bahan makanan, terutama daging, hingga matang

Itulah informasi tentang virus cacar monyet yang mudah menular dari pakaian dan seprei yang terkontaminasi, maka setiap masyarakat jangan lupa untuk melakukan tips agar terhindar dari virus ini.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan