India, Pakistan Kirim Bantuan ke Afghanistan yang Diguncang Gempa

Jabareskpres.com- India dan Pakistan telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan di mana gempa bumi dahsyat telah menewaskan lebih dari 1.000 orang.

 

India mengatakan telah mengirim tim teknis ke ibu kota Afghanistan, Kabul, untuk mengoordinasikan pengiriman bantuan, sementara truk makanan dan kebutuhan lainnya tiba dari Pakistan, di mana gempa juga terasa di beberapa daerah.

 

Kementerian luar negeri India pada hari Kamis mengatakan telah mengirim 27 ton pasokan dalam dua penerbangan untuk diserahkan ke badan-badan bantuan internasional dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Afghanistan.

 

Kementerian mengatakan timnya telah dikerahkan ke kedutaan besarnya di Kabul, yang kosong sejak Taliban menguasai Afghanistan pada Agustus.

 

Pernyataan kementerian tidak memberikan perincian tentang tim teknis, dengan mengatakan bahwa tim tersebut dikirim untuk “memantau dan mengoordinasikan upaya berbagai pemangku kepentingan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan yang efektif” sebagai bagian dari “kelanjutan keterlibatan kami dengan rakyat Afghanistan”.

 

“Seperti biasa, India berdiri dalam solidaritas dengan rakyat, dengan siapa kami berbagi ikatan berabad-abad, dan tetap berkomitmen kuat untuk memberikan bantuan bantuan segera bagi rakyat Afghanistan,” kata pernyataan itu.

 

Gambar-gambar upaya bantuan disertai dengan tweet dari Menteri Luar Negeri India S Jaishankar: “India, responden pertama yang benar.”

 

Penduduk di distrik-distrik paling parah di provinsi Paktika di timur laut tampaknya sebagian besar berusaha untuk bertahan hidup setelah gempa, dengan pemerintah yang dipimpin Taliban dan komunitas bantuan internasional berjuang untuk membawa bantuan.

 

Pakistan mengatakan telah mengirimkan barang bantuan untuk orang-orang yang terkena dampak gempa di Afghanistan.

 

“Konsinyasi yang diatur oleh Otoritas Manajemen Bencana Nasional terdiri dari tenda keluarga, terpal, selimut dan obat-obatan darurat,” sebuah pernyataan oleh kantor perdana menteri Pakistan dan dibagikan kepada Al Jazeera mengatakan pada hari Kamis.

 

“Pakistan telah memastikan semua dukungan yang mungkin untuk meringankan penderitaan keluarga Afghanistan yang terkena dampak gempa berkekuatan 6,1,” katanya.

 

Bencana tersebut merupakan ujian besar bagi pemerintah Taliban, yang sebagian besar telah diisolasi dan dijauhi oleh banyak negara karena kekhawatiran tentang hak asasi manusia dan terputus dari banyak bantuan internasional langsung karena sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan