India, Pakistan Kirim Bantuan ke Afghanistan yang Diguncang Gempa

Jabareskpres.com- India dan Pakistan telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan di mana gempa bumi dahsyat telah menewaskan lebih dari 1.000 orang.

 

India mengatakan telah mengirim tim teknis ke ibu kota Afghanistan, Kabul, untuk mengoordinasikan pengiriman bantuan, sementara truk makanan dan kebutuhan lainnya tiba dari Pakistan, di mana gempa juga terasa di beberapa daerah.

 

Kementerian luar negeri India pada hari Kamis mengatakan telah mengirim 27 ton pasokan dalam dua penerbangan untuk diserahkan ke badan-badan bantuan internasional dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Afghanistan.

 

Kementerian mengatakan timnya telah dikerahkan ke kedutaan besarnya di Kabul, yang kosong sejak Taliban menguasai Afghanistan pada Agustus.

 

Pernyataan kementerian tidak memberikan perincian tentang tim teknis, dengan mengatakan bahwa tim tersebut dikirim untuk “memantau dan mengoordinasikan upaya berbagai pemangku kepentingan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan yang efektif” sebagai bagian dari “kelanjutan keterlibatan kami dengan rakyat Afghanistan”.

 

“Seperti biasa, India berdiri dalam solidaritas dengan rakyat, dengan siapa kami berbagi ikatan berabad-abad, dan tetap berkomitmen kuat untuk memberikan bantuan bantuan segera bagi rakyat Afghanistan,” kata pernyataan itu.

 

Gambar-gambar upaya bantuan disertai dengan tweet dari Menteri Luar Negeri India S Jaishankar: “India, responden pertama yang benar.”

 

Penduduk di distrik-distrik paling parah di provinsi Paktika di timur laut tampaknya sebagian besar berusaha untuk bertahan hidup setelah gempa, dengan pemerintah yang dipimpin Taliban dan komunitas bantuan internasional berjuang untuk membawa bantuan.

 

Pakistan mengatakan telah mengirimkan barang bantuan untuk orang-orang yang terkena dampak gempa di Afghanistan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.