oleh

Sering Membunyikan Tulang Leher, Amankah? Begini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Seseorang merasa lebih nyaman dan relaks setelah membunyikan tulang leher. Dalam istilah kedokteran bunyi tersebut bernama krepitasi.

Hal itu terjadi ketika ada perubahan tensi pada cairan sinovial, ligamen bergerak dan tendon. Namun, adakah risiko yang bakal dihadapi seseorang jika kerap membunyikan tulang leher?

Menurut ahli, kebiasaan membunyikan leher pada dasarnya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Intinya, jika dilakukan dan tanpa gejala, maka mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari kondisi Anda.

Baca Juga:  Sering Sakit Leher Karena Terlalu Lama di Depan Komputer? Ini Cara Mengatasinya

“Umumnya krepitasi dapat tidak normal bila disertai adanya nyeri dan kekakuan otot. Penyebab terseringnya adalah peradangan sendi (arthritis),” jelas dr. Yan William seperti dikutip dari Alodokter.

Adapun penyebab radang sendi pada leher ini, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cedera berulang akibat posisi leher tertentu saat bekerja. Pengeroposan permukaan sendi yang disebabkan oleh bertambahnya usia, kata dr. Yan William, juga dapat dikaitkan dengan kondisi ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.