Pahami Sinyal Tubuh Saat Minta Istirahat karena Kelelahan

JABAREKSPRES.COM – Padatnya aktifitas terutama rutinitas yang menyenangkan, kadang membuat kita lupa akan kondisi tubuh yang kelelahan. Padahal, kadang tubuh sudah memberikan sinyal agar kita berhenti dan istirahat.

Atau kadang kita tidak menyadari bahwa istirahat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Dengan kurangnya istirahat dapat menyebabkan tubuh merasa lebih cepat lelah, lebih parahnya lagi bisa menimbulkan sakit.

Untuk mengetahui seperti apa kondisi tubuh kita saat minta istirahat, berikut beberapa tanda yang bisa diketahui jika tubuh sedang mengalami kelalahan.

1. Sulit tidur dan kram kaki

Kalau kamu sudah merasa gejala ini, artinya tubuh membutuhkan magnesium dan potasium. Untuk mengisi nutrisi penting ini, kamu bisa menambah tomat, jeruk, pisang dan bayam ke dalam makanan sehari-hari.

2. Kuku dan rambut menjadi rapuh

Kuku dan rambut yang rapuh menjadi sinyal tubuh yang kekurangan vitamin B. Minum lebih banyak susu dapat membantu mengatasi hal tersebut.

3. Terdapat cincin di sekitar iris mata

Cincin mata biasanya tampak pada orang yang berusia 50 tahun. Tapi jika muncul pada usia yang lebih muda, maka itu pertanda kadar kolesterol tinggi. Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

4. Gusi berdarah

Saat menyikat gigi dan kamu merasakan gusi berdarah artinya kamu kekurangan vitamin C. Beri asupan vitamin C pada tubuh dengan mengonsumsi bayam, paprika, tomat, kol, jeruk dan brokoli.

5. Konsumsi makanan manis berlebih

Jika kamu memiliki keinginan untuk makan makanan yang manis berlebih, artinya kamu sedang stress atau depresi. Tubuh kamu mengirimkan sinyal bahwa kamu butuh glukosa untuk memenuhi asupan gula. Namun kamu harus tetap menjaga kadar gula yang masuk ke dalam tubuh, agar tidak terjadi kenaikan berat badan. Kamu dapat mengonsumsi madu.

6. Kulit kering

Kulit kerang menandakan jika kamu kekurang vitamin E. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengonsumsi sayuran, minyak dan kacang-kacangan.

7. Ingin mengunyah es

Keinginan untuk mengunyah Es dapat terjadi apabila tubuhmu anemia dan kekurangan zat besi. Untuk itu segera konsumsi daging sapi, telur, sayuran yang berwarna hijau tua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan