Liga Santri 2022 Piala KSAD Resmi Bergulir, Iwan Bule Ingin Cari Bibit Atlet dari Pesantren

JAKARTA – Untuk mencari bibit atlet sepak bola dari kalangan santri, Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) resmi membuka Liga Santri 2022 dengan memperebutkan Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Liga Santri yang dibuka oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman di Stadion Merdeka, Jombang itu, mendapat atusias sangat baik dari kalangan pondok pesantren (Ponpes).

Ketua PSSI Mochammad Iriawan mengatakan, Liga Santri ini dimulai di Kabupaten/ Kota dulu. Jika ini berkembangan maka akan dibuat level tingkat Provinsi dan Nasional.

‘’Liga Santri 2022 secara resmi bergulir. Turnamen yang memperebutkan Piala KSAD ini dibuka oleh Jenderal Dudung Abdurachman di Stadion Merdeka, Jombang Jawa Timur,’’ katanya kepada wartawan, Senin (20/6).

Dia mengatakan, beberapa pemain nasional yang menjadi langganan Garuda berlatar belakan santri. Hal ini menjadi kebanggaan. Bahwa seorang santri bisa membawa nama besar bangsa dan negara.

“Kita lihat kiper Nadeo Argawinata, Witan Sulaiman, Evan Dimas dll. Mereka semua pernah jadi santri. Kini mereka menjadi pemain nasional,” ujar Iriawan.

Liga Santri 2022 ini akan menghasilkan pemain berkualitas yang dikemudian hari bisa memperkuat tim nasional.

Untuk penutupan, rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Exco Haruma Sumitro, dan Ahmad Riyadh.

Laga pembuka Liga Santri 2022 mempertemukan santri asal Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, melawan Pesantren Bahrum Ulum, Tambak Beras, Jombang.

Sementara itu, Tim sepak bola Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin (Tangho FC) tampil garang dengan membantai tim Pondok Pesantren Darunnajah Banjarmangu 8-0, pada Senin (20/6).

Laga itu adalah pembuka Liga Santri 2022 Piala Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad) untuk tingkat Kodim 0704 Banjarnegara.

Dengan hasil ini, tim dari Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin Mantrianom Kecamatan Bawang, berhak untuk melaju ke babak selanjutnya. Mereka akan melawan pemenang laga MBS Wanayasa vs Ponpes Tahfidul Quran Andalas Pagentan.

Ditempat lain, persiapan tim sepakbola Tebuireng FC dalam mengikuti Liga Santri Piala KSAD nampaknya cukup serius. sebab, pelatih belisensi telah disiapkan untuk memberikan performa terbaik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan