oleh

Apakah Vaksin Booster Efektif untuk Cegah Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5? Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Masyarakat kini resah akibat munculnya subvarian Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5, sehingga banyak orang yang bertanya seputar efektivitas vaksin Booster.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini mengklasifikasikan dua subvarian ini sebagai varian yang menjadi perhatian. Para ahli di badan kesehatan dari Jerman telah memperingatkan bahwa infeksi kemungkinan akan meningkat di musim ini.

Jadi, seberapa efektif vaksin Booster untuk melindungi masyarakat dari subvarian Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5? Dilansir dari JawaPos pada Selasa 21 Juni 2022, simak penjelasannya.

Baca Juga:  Puncak Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 Diprediksi Sehari Bisa Tembus 20 Ribu, Waspada Ya!

Meskipun subvarian ini lebih cepat menular, tapi tak terlalu meningkatkan angka perawatan rumah sakit dan kematian.

Robert Koch Institute (RKI) Jerman, organisasi kesehatan masyarakat nasional negara itu, melaporkan pada 9 Juni bahwa subvarian omicron BA.4 dan BA.5 tumbuh lebih cepat dibanding semua varian lainnya. Varian BA.5 sudah menyumbang 10 persen dari infeksi saat ini atau 2 kali lebih banyak dari minggu lalu.

Baca Juga:  Omicron BA.4 dan BA.5 Lebih Menular? Begini Penjelasan Ahli Paru

Pertama kali terjadi di Afrika Selatan

Varian BA.5 telah menimbulkan kekhawatiran di Afrika Selatan pada awal Mei, tetapi gelombang berikutnya relatif kecil dan saat ini mereda. Di Portugal, BA.5 sudah menyebabkan 80 persen dari semua infeksi baru.

Varian ini lebih menular dari pendahulunya, seperti BA.2. Selain lebih sulit untuk menemukan antibodi penetralisir, BA.5 lebih mudah menular daripada subvarian omicron lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.