Ini Khasiat dari Lidah Buaya

Jabarekspres.com – Lidah buaya adalah bahan dasar masker tradisional yang tetap bertahan dalam dunia kosmetik wajah. Peneliti Iran dari pusat riset kulit dalam tulisannya menguraikan khasiat utama gel daun lidah buaya karena kandungan air yang sangat tinggi.

Kandungan vitamin B2 dan 6, vitamin C, E, mineral, dan asam amino mencegah kekeringan kulit serta menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Khasiat itu berkaitan erat dengan aktivitas antioksidan sebagai pemusnah radikal bebas yang merusak kulit.

Hasil studi membuktikan terjadinya peningkatan aktivitas antiaging seiring dengan peningkatan kadar gel lidah buaya.

Toner adalah bahan yang digunakan pada tahap akhir pembersihan wajah. Perannya adalah menghapus sisa kotoran yang belum terangkat, terutama minyak. Langkah itu terutama diperlukan pada jenis kulit berminyak yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Bahan dasar produk toner umumnya kaya alkohol sehingga berpotensi menyebabkan kulit kering. Namun, produk versi terbaru sudah memasukkan bahan yang bekerja sebagai antiaging, pencerah wajah, dan yang berefek relaksasi.

Teh hijau masih terpilih sebagai toner alamiah yang potensial. Khasiat utama sebagai antioksidan sangat kuat karena kandungan senyawa polifenol. Syarat utama adalah pemilihan teh yang bermutu, baik sebagai teh celup maupun berupa daun kering. Seduh dalam air mendidih dan dibiarkan 2–3 menit. Seduhan dioleskan pada kulit wajah dengan bantuan kapas. Bisa juga disemprotkan melalui botol semprot.

Pumpkin Mask

Pumpkin adalah labu kuning yang memang belum lazim dalam dunia kosmetik Indonesia. Namun, kekayaan kandungannya sangat menyehatkan kulit wajah, terutama untuk menjaga kelembapan kulit. Itu terlihat dari warna kuning yang mencerminkan kandungan antioksidan kuat.

Kandungan alpha hydroxyl acid alami berperan pada proses pengelupasan sel kulit mati. Komposisi labu kuning, madu, dan susu/yoghurt adalah pilihan yang efektif. Labu kuning yang sudah dikukus dicampur dengan madu dan susu, lalu diaduk hingga membentuk pasta yang lembut. Pasta dioleskan merata pada kulit wajah yang sudah bersih dan dibiarkan selama 15 menit. Selanjutnya, dibilas air hangat.

CARA MEMBUAT SENDIRI MASKER LIDAH BUAYA

  • Potong daun lidah buaya segar.
  • Belah dan kerok daging daun (gel), masukkan ke dalam mangkuk dan aduk.
  • Oleskan gel segar pada kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Biarkan selama 15–20 menit.
  • Bilas air hangat, keringkan dengan handuk kering.
  • Lakukan dua kali seminggu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan