21 Wifi Baru Gratis Tersedia di Taman Kota Bandung

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyediakan wifi gratis dengan kecepatan 50 Mbps pada 21 Taman di Kota Bandung.  Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan peresmian wifi gratis ini merupakan fasilitas CSR yang bekerja sama dengan Bali Tower melalui aplikasi.

“Hari ini, alhamdulillah kita dapat suporting lagi dari Bali Tower untuk melengkapi infrastruktur pada ruang publik di Kota Bandung berupa wifi gratis saat ini ada 21 titik yang dibantu,” ujarnya di Taman Cikapayang, Kota Bandung, Jumat (17/6).

Ia mengatakan bantuan tersebut berasal dari bantuan perusahaan. Ke depan diharapkan tidak terdapat wilayah blankspot internet di Kota Bandung dan masyarakat umum bisa mengakses layanan secara gratis.

Ia menegaskan, warga yang hendak menggunakan fasilitas wifi gratis terlebih dahulu harus mendownload aplikasi selanjutnya membuat akun dan mengisi identitas diri. “Tadi saya coba gak lemot, siapapun boleh akses, free,” paparnya.

Penambahan wifi gratis ini, bebernya, diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan perekonomian saat ini.

Fasilitas wifi gratis ini merupakan salah satu indikator agar Bandung sebagai smart city. Pihaknya juga menambahkan wifi gratis yang sudah ada sebelumnya masih berjalan di RW mau pun kelurahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan Brilyana mengatakan pihaknya terus mendorong agar layanan 5G bisa semakin merata di Kota Bandung. Pihaknya menggandeng berbagai perusahaan telekomunikasi untuk menyiapkan infrastruktur salah satunya tower.

Selain itu pihaknya mendorong agar fasilitas wifi gratis semakin banyak. Termasuk mengurangi wilayah blankspot internet di Kota Bandung.

“Wifi gratis akan terus dilakukan, untuk menyiapkan infrastruktur kalau dari pemerintah tidak bisa semua. Blank spot kurang karena kurang tower dibuat sendiri besar tapi banyak dari perusahaan kita kerja sama,” pungkasnya. (avi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan