Wali Kota Bandung Resmikan Taman Panatayuda, Bentuk Komitmen Kurangi Penyalahgunaan Narkoba

BANDUNG – Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan Taman Panatayuda jelang Hari Anti Narkoba 2022. Nantinya, taman bersih narkoba ini akan menjadi ruang bagi warga dan komunitas yang berkomitmen mengurangi penyalahgunaan narkoba.

“Saya menugaskan Camat Lurah dan aparat kewilayahan menjaga tempat ini sehingga fungsinya (berjalan) sesuai dengan yang kita harapkan,” ujar Yana Mulyana kepada wartawan di Jl. Panatayuda, Kota Bandung, Rabu (15/6).

Meski Taman Panatayuda baru diresmikan di satu wilayah, Yana berencana akan membuat taman bersih narkoba pada 30 kecamatan di Kota Bandung. “Sosialisasi diskusi (akan dilangsungkan) dan mudah-mudahan lahir program yang konkret, bisa menghilangkan peredaran narkoba,” sambungnya.

Saat Pandemi Covid-19, ujarnya, terjadi peningkatan pada kasus penggunaan narkoba. Dengan fluktuasi pada 2019 ada di angka 1,8 persen dan pada 2021 ada di angka 1,95 persen.

Yana menduga hal ini terjadi karena landainya aktivitas masyarakat pada saat itu.

“Mudah-mudahan dengan relaksasi ekonomi sosial budaya lewat sosialisasi kita bisa menekan peredaran narkoba,” harapnya.

Tak hanya itu, Yana menegaskan sosialisasi masif dilakukan di sekolah, mencegah generasi muda terpapar penyalahgunaan narkoba.

Dalam peresmian ini, Wali Kota Bandung turut meluncurkan layanan perdana SKHPN keliling, yang nantinya akan mempermudah masyarakat melakukan tes bebas narkoba.

Pasalnya, masyarakat terbilang enggan mengunjungi kantor BNN karena takut akan stigma negatif. “Ini alhamdulilllah satu inovasi yang mendekatkan pelayanan lebih dekat ke masyarakat,” paparnya (mg6/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan