Tubuh Mudah Lelah? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jabarekspres.com – Ketika Anda merasa tubuh mudah lelah bisa diakibatkan oleh gaya hidup ataupun penyakit tertentu. Untuk itu, kenali penyebabnya serta cara mengatasinya.

Kondisi capek atau kehabisan energi ternyata tidak hanya berpengaruh oleh aktivitas yang Anda lakukan, tapi bisa dipengaruhi oleh faktor gaya hidup yang kurang baik.

Jadi, gaya hidup seperti apa yang membuat tubuh cepat lelah? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Rabu 15 Juni 2022, simak penjelasannya.

Penyebab tubuh mudah lelah akibat gaya hidup meliputi terlalu banyak atau kurang olahraga, kurang tidur, pola makan yang tidak sehat, dan mengonsumsi kafein atau alkohol secara berlebihan.

Lalu, bagaimana upaya untuk meningkatkan energi, agar tubuh tidak mudah merasa lelah? Anda dapat melakukan beberapa langkah ini:

  • Berolahraga secara rutin
  • Pastikan Anda cukup beristirahat.
  • Cukup tidur. Orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam per harinya.
  • Mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang.
  • Minum cukup cairan supaya tidak mengalami dehidrasi.
  • Batasi konsumsi kafein serta alkohol.
  • Jangan merokok.
  • Luangkan waktu untuk rekreasi atau melakukan kegiatan relaksasi

Sementara itu, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan mudah lelah seperti:

1. Alergi

Gangguan alergi seperti rhinitis bisa menyebabkan Anda mudah lelah. Kemudian, penderitanya juga akan sering pilek, sakit kepala, serta gatal-gatal.

2. Anemia

Kekurangan sel darah merah bisa menimbulkan mudah lelah dan lesu. Penyebabnya defisiensi zat besi, serta kekurangan vitamin B9 atau vitamin B12.

3. Fibromialgia

Penyakit ini termasuk langka dan menyebabkan tubuh mudah lelah, kondisi lainnya seperti sakit pada otot dan titik-titik tertentu di tubuh, sulit tidur, serta depresi.

Ada cara untuk meredakan gejala fibromialgia yaitu konsumsi obat-obatan dari dokter, menerapkan pola hidup sehat, dan mengontrol stres.

4. Penyakit jantung

Anda perlu mewaspadai adanya penyakit jantung apabila lelah ketika melakukan aktivitas ringan. Namun, butuh pemeriksaan medis dari dokter untuk mengetahui kebenarannya.

5. Apnea tidur

Apnea tidur adalah kondisi mendengkur kerasa diselingi dengan henti napas sesaat, dampaknya adalah mudah lelah dan selalu mengantuk di keesokan harinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan