Saham HYBE Anjlok 25 Persen Sejak Kabar BTS Hiatus, BigHit Music Langsung Beri Klarifikasi

JABAREKSPRES.COM – KABAR hiatusnya idol Kpop BTS berimbas pada harga saham agensinya. Sejak perdagangan dibuka pada 15 Juni KST (waktu Korea) nilai saham HYBE telah anjlok hingga 25%. Hal tersebut terjadi setelah BTS mengumumkan akan hiatus dari proyek grup pada Selasa (14/6).

Para investor HYBE diketahui mengalami kepanikan atas turunnya nilai saham mereka. Nilai saham turun selama perdagangan, dan setelah jam perdagangan normal ditutup. DIketahui harga pembukaan terdaftar sebagai 168,000 KRW (sekitar $130 USD), meskipun sebelumnya harga penutupan hari 193,000 KRW (sekitar $150 USD).

Namun tiba-tiba terjadi penurunan saham HYBE, yang berarti bahwa penilaian perusahaan secara keseluruhan juga mengalami penurunan. Yakni dengan angka penurunan yang fantastis lebih dari 2 triliun won (tepatnya ₩2,12 triliun KRW [$1.644.656.529 USD]).

Hal tersebut akhirnya membuat BigHit Music dan HYBE langsung mengeluarkan klarifikasi bahwa BTS tidaklah hiatus, melainkan untuk sementara fokus projek masing-masing member.

BigHit dan HYBE memastikan BTS tidak hiatus saat ini. Yang terjadi adalah kesalahpahaman translate YouTube ketika ketujuh member menyampaikan dengan full Bahasa Korea di konten Dinner FESTA 2022, Selasa malam.

Namun, BigHit dan HYBE tidak menampik kalau ketujuh member BTS akan lebih banyak fokus dengan projek solo dibanding satu grup lagi.

Menurut pernyataan HYBE, ini tidak berarti grup akan hiatus karena mereka berencana untuk mengerjakan proyek baik sebagai grup maupun individu.

“BTS tidak mengambil jeda (hiatus). Anggota akan lebih fokus pada proyek solo saat ini,” demikian pernyataan resmi HYBE, Rabu (15/6/2022).

Salah satu member yang akan memulai projek solonya adalah J-Hope yang tampil di Lollapalooza 2022 pada 31 Juli.

Meski begitu, sejatinya “hiatus” digunakan pada teks bahasa Inggris, kata-kata member BTS, Suga juga dapat diterjemahkan sebagai “off season” atau “off period.” Suga menyatakan, “Ngomong-ngomong, kita sekarang memasuki musim off …” menandakan para anggota sudah dalam fase ini.

Sementara itu, seorang perwakilan dari Big Hit Music menjelaskan BTS akan memulai babak baru di mana mereka akan secara bersamaan melakukan aktivitas tim dan aktivitas individu.

“Ini akan menjadi waktu bagi setiap anggota untuk berkembang dengan aktivitas mereka yang beragam, dan kami mengantisipasi bahwa ini akan mendorong BTS menjadi tim yang bertahan lama. Label akan secara aktif mendukung ini,” jelas BigHit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan