Dinosaurus Karnivora terbesar di Eropa Ditemukan di Isle of Wight Inggris

Jabarekspres.com- Tulang-tulang fosil yang ditemukan di pantai berbatu di Isle of Wight Inggris adalah sisa-sisa dinosaurus pemakan daging yang mungkin lebih besar daripada dinosaurus lain yang diketahui dari Eropa, binatang yang merupakan sepupu spesies dinosaurus karnivora terbesar yang pernah tercatat.

 

Ahli paleontologi mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menemukan bagian dari kerangka dinosaurus, yang hidup sekitar 125 juta tahun yang lalu selama Periode Kapur, termasuk tulang punggung, pinggul dan ekor, beberapa fragmen anggota badan tetapi tidak ada tengkorak atau gigi.

 

Berdasarkan sisa-sisa sebagian, mereka memperkirakan bahwa dinosaurus melebihi 10 meter (33 kaki) panjangnya dan mungkin mencapai lebih banyak lagi.

 

“Ukuran spesimen sangat mengesankan. Ini adalah salah satu predator darat terbesar – dan mungkin terbesar – yang pernah mengintai Eropa,” kata Chris Barker, mahasiswa doktoral di paleontologi University of Southampton dan penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal PeerJ Life & Environment.

 

Predator dinosaurus terpanjang yang diketahui

Sebagian berdasarkan serangkaian alur kecil di bagian atas vertebra ekor, mereka menyimpulkan bahwa itu milik sekelompok dinosaurus yang disebut spinosaurs yang termasuk Spinosaurus, yang hidup sekitar 95 juta tahun yang lalu dan panjangnya sekitar 15 meter (50 kaki). dianggap sebagai pemangsa dinosaurus yang paling lama diketahui.

 

Spinosaurus memiliki tengkorak memanjang yang mengingatkan pada buaya dengan banyak gigi berbentuk kerucut – sempurna untuk menangkap mangsa yang licin – serta lengan yang kuat dan cakar yang besar. Mereka memakan mangsa air serta dinosaurus lainnya.

 

Karena sifat sisa-sisa yang tidak lengkap, para peneliti belum memberikan nama ilmiah dinosaurus yang baru dideskripsikan, tetapi menyebutnya “spinosaurid White Rock” berdasarkan lapisan geologis tempat tulang-tulang itu ditemukan. Mereka percaya itu bukan anggota dari spesies yang diidentifikasi sebelumnya.

 

Dinosaurus pemakan daging termasuk dalam clade yang disebut theropoda, dengan masing-masing benua menghasilkan contoh yang sangat banyak. Mereka berkaki dua dan terbesar, dengan tengkorak besar dan gigi kuat.

 

Spinosaurus adalah yang terbesar di Afrika. Tyrannosaurus rex, mendekati 13 meter (42 kaki), adalah raja Amerika Utara, sedangkan Giganotosaurus berukuran sama memerintah di Amerika Selatan dan Tarbosaurus sedikit lebih kecil di Asia. Theropoda terbesar yang diketahui bernama dari Eropa adalah Torvosaurus, sekitar 10 meter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan