Pemilu 2024, Bawaslu Jabar Tambah SDM Pengawas TPS

BANDUNG – Menyambut pesta demokrasi pada 14 Juli 2024 mendatang, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat (Jabar), laksanakan apel kesiagaan dalam pengawasan Pemilu 2024 nanti.

Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah menjelaskan,kegiatan apel kesiapan ini di ikuti oleh Bawaslu di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia.

“Tanggal 14 Juni 2022 ini adalah hari pertama tahapan Pemilu 2024, oleh karena itu apel kali ini adalah apel kesiagaan kesiapan pengawasan pemilu 2024,” Katanya di Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Jl. Turangga, Kota Bandung, Selasa (14/6).

Berdasarkan arahan pimpinan Bawaslu Republik Indonesia, Abdullah mengaku bahwa pihaknya akan siap dalam melakukan pengawasan pada pesta demokrasi nanti.

Kesiapan tersebut secara menyeluruh, mulai dari setiap tahapan, baik dari aspek profesionalitas, kemandirian, independensi, dan juga integritas. Hingga tahapan pengawalan pelaksanaan pemilu nanti.

Abdullah memastikan pemilu akan terkawal dengan baik oleh Bawaslu di semua aspek. Sehingga nantinya, dalam pengawasan tersebut, ia mengatakan bahwa khusus di Jawa Barat pihaknya akan melakukan perekrutan Sumber Daya Manusia (SDM) tambahan guna bisa melakukan pengawasan dengan baik

“Jadi selain Bawaslu Provinsi yang berada di Jawa Barat, ada juga Bawaslu tingkat Kabupaten Kota yang permanen, tapi tahun ini kita akan merekrut jajaran SDM di tingkat pengawasan,” ujarnya

“Dan nanti juga ada pengawas di tingkat Desa atau Kelurahan dan satu bulan menjelang pemungutan suara merekrut pengawas TPS di setiap TPS itu nanti akan diawasi oleh satu pengawas Bawaslu.

Maka dengan adanya upaya tersebut, Abdullah menuturkan bahwa sebagai bentuk mengantisipasi terjadinya kecurangan saat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. (Mg4).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan