Benarkah Memelihara Kucing Bikin Wanita Susah Hamil? Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Banyak orang yang berpendapat memelihara kucing bisa bikin wanita susah hamil, akibat dari parasit yang ada di dalam kotoran hewan ini.

Penting untuk diketahui, kucing bisa terkena infeksi toksoplasma apabila makan burung dan hewan pengerat yang terinfeksi parasit tersebut.

Tidak hanya itu, kucing bisa terkena toksoplasma dari kotoran kucing lain yang terkontaminasi. Adapun untuk waktu infeksi parasit ini setelah 3-10 hari mengonsumsi hewan-hewan di atas.

Akibat infeksi, parasit akan menempel pada kotoran kucing selama 2 minggu dan bisa menularkan setelah 1-5 hari keluar dari kotoran kucing.

Oleh karena itu, pandangan seperti inilah yang membuat para wanita takut memelihara kucing, sebab takut terinfeksi toksoplasma.

Jadi, benarkah memelihara kucing bisa bikin wanita susah hamil? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Selasa 14 Juni 2022, simak penjelasannya.

Tahukah Anda, kucing bisa tertular toksoplasma hanya sekali. Sehingga, kucing hanya bisa menyebarkan parasit ini satu kali selama Anda memeliharanya.

Padahal, setiap orang yang pelihara kucing memiliki antibodi terhadap parasit. Sebab, bisa saja Anda sudah pernah mengidap tokso, karena telah lama memelihara kucing di rumah.

Sementara itu, Anda masih bisa terkena kontak dengan tokso dari menangani atau makan daging mentah. Organisme ini hidup pada daging sapi, kambing, burung, tikus dan babi.

Cara mencegah penularan toksoplasma bagi yang memelihara kucing

Jarang diketahui, kemungkinan tertular toksoplasma ketika sedang hamil atau baru merencanakan kehamilan termasuk rendah, sehingga pendapat tentang memelihara kucing bikin sulit hamil tidak sepenuhnya tepat.

Begini cara terhindar dari toksoplasma saat pelihara kucing:

  1. Anda harus memakai sarung tangan saat mengganti pasir kotoran kucing, jangan lupa selalu cuci tangan setelah membersihkannya.
  2. Pastikan kotak kotoran kucing Anda ganti setiap hari, sebab parasit tidak menular sejak 1-5 hari setelah kucing buang air besar.
  3. Berikan kucing makanan kering atau kaleng, bukan daging mentah.
  4. Tidak memelihara kucing baru saat hamil, karena kesehatannya belum diketahui.
  5. Simpan kotak kotoran kucing pada luar ruangan.
  6. Jika masih ragu, Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan dokter hewan untuk tes infeksi toksoplasmosis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan