Airlangga Hartarto: KIB Terbuka untuk Partai Non Parlemen

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih sangat terbuka untuk Partai Non Parlemen.

Menurut Airlangga Hartarto, KIB terbuka untuk semua partai. Sebab, KIB sifatnya Inklusif dan tidak akan memilah dan memilih partai manapun.

“Semua termasuk. Jadi yang di parlemen maupun non-parlemen terbuka, karena sifatnya inklusif,” ujar Airlangga di Jakarta, Senin (13/6).

Untuk masalah Calon Presiden (Capres), KIB akan membahasnya lebih lanjut. Namun, KIB aka tetap mengusung  dari KIB sendiri. Namun tetap akan menerima masukan dari luar.

“Itu belum dibahas (pengusungan calon Presiden). Nanti dibahas pada waktunya,” kata dia.

Kendati begitu, untuk mencapai tujuan, KIB memiliki target baik itu jangka Panjang maupun jangka pendek.

Untuk target jangka pendek, KIB akan tetap besama pemerintah dengan memberikan masukan terkait program pembangunan yang sedang berjalan.

Sedcangkan untuk Jangka panjang, Indonesia harus lepas dari income midle trap agar bisa menjadi negara mandiri.

Untuk itu, sebagai partai yang mendukung pemerintah, Airlangga Hartarto akan selalu siap bekerja dengan siapapun yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo jika terjadi perombakan kabinet.

“Dengan semua siap. Di luar kabinet siap. Siap (Di dalam kabinet) bekerja dengan seluruh (anggota) kabinet,” ujar Airlangga.

Golkar menegaskan perombakan kabinet merupakan hak prerogratif Presiden. Namun, Airlangga mengaku tidak ada bocoran soal reshuffle kabinet yang akan dilakukan Presiden Jokowi.

“Tanya kepada Presiden,” kata Airlangga Hartarto.

Beredar kabar, sejumlah elite politik memperkirakan Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet Rabu (15/6).

Partai anggota KIB, PAN disebut berpeluang kuat masuk kabinet. PAN bahkan sudah diajak dan dikenalkan dalam kabinet pada Agustus 2021 lalu.

Hingga saat ini, PAN yang menyatakan bergabung dengan pemerintah belum mendapat posisi dalam Kabinet Indonesia Maju. (red).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan