Timnas Indonesia Berhasil Taklukan Kuwait, Shin Tae-yong Masih Tak Menyangka

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku tidak menyangka jika Timnas Indonesia mampu menundukkan Kuwait.

Indonesia yang tidak diunggulkan, tertinggal lebih dulu dengan skor 0-1. Namun, Fachruddin Aryanto dkk berhasil bangkit dan menang 2-1 dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City dini hari tadi WIB (9/6).

“Secara khusus, saya tidak terpikir kami bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras,” ujar Shin dikutip dari siaran pers PSSI.

Salah satu faktor yang membuat pelatih asal Korea Selatan itu sempat ragu adalah suhu di stadion yang panas. Yakni mencapai sekitar 40 derajat celcius.

Bahkan, Shin merasakan temperatur di dalam arena pertandingan lebih panas daripada di luar. “Cuaca lebih panas dari yang saya perkirakan. Sangat sulit bermain dalam kondisi seperti itu,” ucap pria berusia 52 tahun tersebut.

Alasan kedua, yaitu melihat jejak pertemuan Indonesia dan Kuwait. Sebelum laga tersebut, kemenangan terakhir Indonesia atas Kuwait terjadi pada tahun 1980 atau 42 tahun lalu.

Pada 1980, Indonesia mengalahkan Kuwait dengan skor 2-1 dalam Merdeka Tournament. Setelah itu, dalam lima laga selanjutnya, Indonesia mencatat tiga kali imbang dan dua kali kalah. Jadi, hasil tadi pagi, merupakan kemenangan yang bersejarah bagi Indonesia.

Meski sejarah tidak berpihak, Indonesia ternyata menunjukkan performa sangat baik di hadapan para pendukung tuan rumah. Mereka tampil disiplin dalam bertahan dan cepat ketika menyerang. “Dengan kemenangan ini, saya yakin sepak bola Indonesia berkembang ke arah lebih baik,” tutur Shin.

Gol-gol Indonesia ke gawang Kuwait dilesakkan oleh Marc Klok melalui titik penalti pada menit ke-44 dan Rachmat Irianto pada menit ke-46. Kuwait sejatinya unggul terlebih dahulu via gol Yousef Al Sulaiman lewat tandukan di menit ke-41.

Hasil positif tersebut membawa Indonesia ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin. Hasil baik ini sekaligus menjaga peluang Garuda untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Di posisi pertama bertengger Yordania. Dini hari tadi, Yordania sukses membekuk Nepal dengan skor 2-0.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan