KBRI Bern Jelaskan Kronologi Penemuan Jenazah Eril

BANDUNG – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern menyampaikan bahwa putra pertama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang bernama Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah ditemukan.

Duta Besar untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad mengatakan Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan sudah tidak bernyawa.

“Kami ingin menyampaikan bahwa kemarin kepolisian kantor Bern telah bertemu kami di kantor KBRI Bern dengan pihak keluarga (Gubernur Jabar, Ridwan Kamil) untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11 50 WIB,” ungkapnya melalui siaran virtual, Kamis (9/6) malam.

Hadad menjelaskan tim Forensik Kepolisian Bern langsung melakukan identifikasi dan DNA guna memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah putra sulung Ridwan Kamil.

“Pada hari Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan informasi hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Eril,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihak Kepolisian Bern, Swiss menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan kepada Pengadilan Kantor Bern. Pengadilan tersebut yang berwenang untuk memfokuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.

“Sekitar 2 jam yang lalu, pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini beradaptasi di Bern untuk menerima jasad Eril,” katanya.

Hadad menjelaskan, guna memastikan hak-hak Emmeril Kahn Mumtadz sebagai muslim, KBRI di Swiss akan melakukan penghormatan yang sesuai dengan syariat Islam.

“Untuk selanjutnya KBRI bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan mengurus ananda Eril ke tanah air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses hingga Eril hingga tiba di Indonesia,” pungkasnya. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan