Penderita Asam Lambung Hindari Buah Ini Ya!

Jabarekspres.com Makanan berlemak, asam, pedas dan mengandung kafein bisa menyebabkan asam lambung naik bagi penderita asam lambung.

Penderita asam lambung bisa mengalami sesak di area dada, selain makanan atau cairan yang naik ke esofagus. Kondisi ini biasanya dipicu dari apa yang dimakan.

Maka dari itu, bagi yang mempunyai penyakit asam lambung disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan dan buah-buahan.

Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini daftar buah yang harus dihindari penderita asam lambung.

1. Jeruk

Buah yang masuk dalam jenis buah sitrus ini, selain jeruk ada juga jeruk nipis, dan lemon. Buah ini mengandung akan asam yang dapat memicu asam lambung menjadi kambuh. Dikonsumsi bareng air putih, sangat disarankan bagi mereka yang punya asam lambung, namun tetap ingin makan jeruk.

2. Tomat
Gak cuma buahnya, ya tomat itu buah bukan sayur, saos tomat juga masuk dalam pantangan penderita asam lambung, lantaran dapat mengiritasi lapisan dinding lambung dan kerongkongan.

3. Apel Hijau
Apel hijau mempunyai kandungan asam lebih tinggi dari apel merah. Apel hijau punya potensi memperparah kondisi penyakit asam lambung.

4. Nanas
Buah ini, tidak selalu menyebabkan asam lambung kambuh. Namun tingginya kadar pH nanas, terkadang menyebabkan asam lambung menjadi kambuh. Apalagi jika dikonsumsi tanpa batas.

Menurut Pakar Gaya Hidup Sehat ala Islam dr. Zaidul Akbar, cara menghindari asam lambung adalah menghindari pemicunya.

Selain itu, dia memberikan beberapa racikan untuk mencegah asam lambung naik. “Bahannya yang mudah, murah dan yang penting tidak memberatkan ginjal dengan produk kimia,” katanya.

Bahan-bahan:
– Kunyit 2 jari kelingking
– Jahe 2 jari jempol – kayu manis 2 jari kelingking
– Jeniper 1
– Daun sereh 2
– Garam himalaya – madu – air kurleb 300 cc

Cara menyiapkan:
Rebus air sampai mendidih, matikan api terus masukkan bahan jahe, kunyit dan kayu manis. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan