oleh

Fakta Soal Nikotin, Benarkah Bahaya? Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Selama ini, nikotin dianggap sebagai senyawa berbahaya yang memicu berbagai penyakit.

Nikotin merupakan salah satu senyawa kimia yang terdapat pada rokok dan produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin.

Menurut Ahli Toksikologi Universitas Airlangga, Shoim Hidayat, berikut ini fakta mengenai nikotin yang dilansir dari Antara pada Rabu (8/6).

1. Memiliki dampak pada tubuh

Baca Juga:  Perokok Jarang Mengetahui 3 Fakta Nikotin, Apa Saja?

Nikotin merupakan senyawa kimia yang secara alami terdapat dalam berbagai tumbuhan, seperti kentang, tomat, dan terung. Namun, tembakau menjadi salah satu tanaman yang paling dikenal sebagai sumber yang paling kaya nikotin.

Sama halnya dengan kafein, senyawa tersebut bersifat stimulan ringan dan adiktif, sehingga dapat menimbulkan efek ketergantungan. Kendati sering dituduh sebagai senyawa berbahaya, jika dikonsumsi dalam dosis rendah. Senyawa kimia ini juga dapat menimbulkan rasa nyaman, rileks, bahkan bisa membantu penggunanya untuk menjadi lebih fokus.

Baca Juga:  Perokok Jarang Mengetahui 3 Fakta Nikotin, Apa Saja?

2. Tidak bersifat karsinogenik

Nikotin merupakan salah satu senyawa yang secara alami terkandung dalam tembakau yang merupakan salah satu bahan baku rokok. Sekali lagi, senyawa kimia ini dapat menyebabkan ketergantungan. Namun tidak tergolong penyebab penyakit terkait merokok.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.