Berikan Pelayanan Terbaik, BPJS Ketenagakerjaan Jamin Pemasangan Protese Tangan Robotik Pekerja yang Alami Kecelakaan Kerja

BANDUNG – Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandung Soekarno Hatta Ahmad Feisal memastikan, pihaknya akan selalu memberikan layanan terbaik bagi pesertanya. Ia pun menyambut baik bantuan yang diberikan kepada seorang pekerja bernama Eko Suryanto, sebagai operator maintenance di PT Sinar Agung Selalu Sukses yang sedang membersihkan mesin conveyor, mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tangannya tergilas roda conveyor. Akibat kejadian itu tangan Eko Suryanto harus diamputasi.

“Kami akan terus memberikan layanan terbaik untuk para peserta, perluasan klinik dan rumah sakit khususnya di Kabupaten Bandung sudah dilakukan. Hampir seluruh klinik dan rumah sakit di Kabupaten Bandung dapat melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK),” ujar Ahmad Feisal.

Diketahui, Eko Suryanto yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan perawatan kecelakaan kerja sampai dirinya sembuh. Sekaligus mendapat bantuan protese tangan robotik atau bisa disebut filly hand tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) bersama Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dan juga Direktur Utama Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Sutopo Patria Jati melihat langsung pemasangan protese tangan robotik tersebut di rumah sakit RSND, Semarang, Jumat (3/6) lalu.

Anggoro Eko Cahyo mengatakan, kehadirannya di Semarang tersebut untuk menyaksikan langsung bagaimana proses pemasangan hingga penggunaan filly hand yang merupakan hasil inovasi dan karya terbaik anak-anak bangsa.

“Kita perlu mengapresiasi Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), yang telah banyak membuat protese untuk membantu masyarakat yang membutuhkan alat-alat bantu. Ini akan menambah semangat dan motivasi pasien kecelakaan kerja dalam menjalani kehidupannya ke depan,” jelas Anggoro.

Filly hand ialah inovasi yang dikembangan para ahli di universitas diponegoro. Tangan palsu jenis ini memiliki sejumlah keunggulan yakni mudah dioperasikan, harganya jauh lebih murah dan 90 persen suku cadangnya tersedia di dalam negeri. RSND sendiri merupakan salah satu rumah sakit kerja sama BPJS Ketenagakerjaan yang menangani kecelakaan kerja atau biasa dikenal Pusat Pelayanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

“Ini merupakan salah satu fokus kami untuk memberikan fasilitas-fasilitas terbaik bagi peserta, sehingga jika risiko terjadi, pekerja akan langsung tertangani dengan optimal,” ungkap Anggoro.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan