Calon Bintara Polri Gagal Karena Buta Warna Parsial, Apa Itu?

Jabarekspres.com – Seorang calon bintara di nyatakan gagal mengikuti pendidikan polisi meskipun sempat lolos seleksi. Hal tersebut di karenakan ia mengalami buta warna parsial. Kisah seorang calon bintara Polri bernama Fahri Fadillah Nur Rizky (21) ini viral di media sosial. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan.

“Berdasarkan surat dari Mabes Polri sebelum para peserta mengikuti pendidikan, ada kegiatan supervisi yang di lakukan terhadap para peserta yang sudah lulus,” katanya dalam konferensi pers, Senin (30/5).

“Kemudian supervisi yang di pimpin ketua tim menyebutkan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat dengan temuan buta warna parsial,” jelasnya.

Dalam beberapa profesi tertentu termasuk polri sebagaimana di ketahui memang menyertakan syarat kesehatan. Salah satunya tidak mengalami buta warna. Kondisi buta warna ini kerap di turunkan secara genetik. Bahkan penyakit mata dan konsumsi obat-obatan tertentu pun dapat memicu buta warna.

Buta warna terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya ialah buta warna parsial. Normalnya, mata menangkap berbagai warna dari cahaya yang masuk. Tiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda yang di tangkap oleh retina.

Retina terdiri dari dua jenis fotoreseptor yang dikenal sebagai sel kerucut (cone) dan sel batang (rod). Sel kerucut berfungsi mendeteksi warna, sedangkan sel batang mengenali gelap dan terang. Sel kerucut terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan sensitivitas warna, yakni merah, hijau, dan biru.

Buta warna terjadi ketika satu atau lebih dari ketiga jenis sel kerucut tidak berfungsi, atau mendeteksi warna yang tidak seharusnya. Makin banyak sel kerucut yang gagal berfungsi sebagaimana mestinya, makin serius kondisi buta warna.

Menukil laman Colour Blind Awareness, orang dengan buta warna jenis ini umumnya akan kesulitan melihat warna tertentu seperti biru, merah muda, kuning, dan beberapa lainnya.

Warna biru akan tampak biru kehijauan atau bahkan seperti hijau. Mereka juga akan sulit membedakan warna merah muda dengan kuning dan merah. Lalu, warna kuning akan dilihat seperti abu-abu atau ungu terang.

Beberapa orang terlahir dengan kelainan buta warna, tetapi sebagian mengalaminya karena kondisi tertentu yang merusak sel kerucut. Di antaranya:

Tinggalkan Balasan